UJI KORELASI USIA DENGAN KADAR SGPT DAN SGOT PADA PENDERITA HEPATITIS B DI RSUD PASAR REBO

Categorie(s):
   KARYA TULIS ILMIAH
Author(s):
   Latifah Putri Kiswono
Tahun:
   2023
Kode:
 13453
NIM Mahasiswa:
 1011201053
Nama Mahasiswa:
 Latifah Putri Kiswono
Nama Penulis:
 Latifah Putri Kiswono
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 dr.Yune Yohana,Sp.PK Heru Purwanto Nugroho.,S.Pd.,MKM
Advisor:
CUT ERVINAR YARI,
Drs SEDIARSO, M.Farm., Apt
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kadar SGPT, Kadar SGOT, Hepatitis B
DOI:
-
Abstract :
Hepatitis B adalah suatu sindroma klinis atau patologis yang ditandai oleh berbagai tingkat peradangan dan nekrosis pada hepar, disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB), Hepatitis B di Indonesia sebesar 1,2 % semakin meningkat pada penduduk berusia diatas 20 tahun yaitu kelompok tertinggi usia 45-54 tahun (1,4%) dan usia 65-74 (1,4%). SGOT dan SGPT merupakan enzim transminase yang sering berkaitan dengan kerusakan sel-sel hati. SGOT berlokasi di mitokondria dan sitoplasma dari sel hepatosit, sedangkan SGPT hanya di sitoplasma sel hepatosit.
Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil pemeriksaan SGPT dan SGOT menggunakan alat Biomajesty Sysmex JCA-BM6010/C metode fotometri dengan jumlah 73 pasien penderita Hepatitis B periode Februari 2022-Januari 2023. Data yang di harapkan adalah pasien Hepatitis B yang melakukan pemeriksaan Kadar SGOT dan Kadar SGPT. Hasil uji korelasi berdasarkan kelompok Usia dengan kadar SGPT didapatkan hasil r = -0,036, korelasi antara kelompok Usia dengan Kadar SGOT didapatkan hasil r = 0,015, serta korelasi antara Kadar SGPT dengan Kadar SGOT didapatkan hasil r = 0,913.
Disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara Usia dengan Kadar SGPT, serta tidak terdapat korelasi antara Usia dengan Kadar SGOT. Dan korelasi antara Kadar SGPT dan Kadar SGOT menunjukan bahwa korelasi sangat kuat.
          Link File