GAMBARAN KADAR ALBUMIN,KREATININ SERUM DAN GFR PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIS DI RSAB HARAPAN KITA

Categorie(s):
   KARYA TULIS ILMIAH
Author(s):
   ALIFIA KEMA PUTRI
Tahun:
   2023
Kode:
 13453
NIM Mahasiswa:
 1011201005
Nama Mahasiswa:
 ALIFIA KEMA PUTRI
Nama Penulis:
 ALIFIA KEMA PUTRI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 dr. Yune Yohana, Sp.Pk
Advisor:
Dr MASDIANTO, M.Si
IMAS LATIFAH, SKM, M.KKK.
dr AZWAN NURDIN, M.Biomed.
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
GAGAL GINJAL KRONIK, ALBUMIN, KREATININ, GFR
DOI:
-
Abstract :
Gagal ginjal kronik atau penyakit renal tahap akhir End Stage Renal Disease (ESRD) merupakan gangguan fungsi renal yang progresif dan ireversible dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, meneyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah). Pemeriksaan albumin, kreatinin dan GRF merupakan salah satu pemeriksaan yang banyak dilakukan di laboratotium untuk mendeteksi kelainan pada fungsi ginjal.
Dilakukan penelitian gambaran kadar Albumin, kreatinin dan GFR pada pasien penderita Gagal Ginjal Kronik di RSAB Harapan Kita sebanyak 28 pasien dalam periode Januari Juni 2022.

Berdasarkan Usia dapat disimpulkan bahwa pada pasien usia 6-11 tahun merupakan yang paling banyak menderita GGK dengan kadar Albumin 3,36gr/dl, Kreatinin 3,98mg/dl, dan GFR 33,39ml/min. Berdasarkan Jenis kelamin perempuan dapat di ketahui gambaran dengan rata rata kadar albumin 3,26gr/dl, kreatinin 2,94mg/dl dan GFR 34,46ml/min. Sedangkan pada laki laki dengan rata rata kadar Albumin 3,26gr/dl, kreatinin 5,48mg/dl,dan GFR 23,22ml/min.