ANGKA KAPANG PADA MANISAN BUAH KERING YANG DIJUAL DIKOTA BEKASI

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Prabu Wira Dharma
Tahun:
   2023
Kode:
 13453
NIM Mahasiswa:
 1011201083
Nama Mahasiswa:
 Prabu Wira Dharma
Nama Penulis:
 Prabu Wira Dharma
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 Penguji 1 : Drs. Estu Lestari, MM Pembimbing 1 : Dra. Mulyati, M.Si
Advisor:
IMAS LATIFAH, SKM, M.KKK.
ZURAIDA, SKM.,MKM
Keyword(s):
Angka kapang, manisan buah kering
Abstract :
Manisan buah kering adalah buah yang diolah melalui proses perendaman dengan air gula kemudian pengeringan. Air gula akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. jamur (kapang) dapat mengontaminasi manisan buah kering karena perendaman kadar air gula yang berlebih dan pada proses pengeringan terkontak oleh udara. Tujuan penelitian untuk mengetahui angka kapang pada manisan buah kering yang dijual di Kota Bekasi.
Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 sampel manisan buah kering manga, papaya, pala, ceremai dan kolang kaling dalam 2 pasar berbeda sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Pengujian cemaran kapang dilakukan dengan teknik cawan sebar (spread plate method) secara duplo sebagai ulangannya. Keseluruhan hasil Penelitian didapatkan yang memenuhi syarat 5 sampel (50%) menurut BPOM No.HK.00.06.1.52.4011 Tahun 2009 (5X101 koloni/gr). Maka Berdasarkan variabel jenis buah pada manisan buah kering (Mangga 1,2), (Pala 1), (Ceremai 1), (Kolang Kaling 1) didapatkan 5 sampel (50%) yang memenuhi syarat dan 5 sampel (50%) jenis manisan buah kering (Pepaya 1,2), (Pala 2), (Ceremai 2), (Kolang Kaling 2) tidak memenuhi syarat. Untuk variabel lama penyimpanan < 3 bulan didapatkan 2 sampel (20%) yang memenuhi syarat dan 2 sampel (20%) tidak memenuhi syarat. Sedangkan dari 6 sampel lama penyimpanan 3 bulan didapatkan 3 sampel (30%) memenuhi syarat dan 3 sampel (30%) tidak memenuhi syarat.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada manisan buah kering yang dijual di Kota Bekasi aman untuk dikonsumsi. Walaupun demikian, konsumen harus tetap memperhatikan kelayakan manisan buah kering pada setiap kemasan.