Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi Pendengaran Melalui Pemberian Terapi Membaca Al-Qur'an Di RSKD Duren Sawit

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Andini Amalia Firdaus
Tahun:
   2023
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035221029
Nama Mahasiswa:
 Andini Amalia Firdaus
Nama Penulis:
 Andini Amalia Firdaus
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ns. SUWARNINGSIH, S.Kep., M.Kep
Ns DWINARA FEBRIANTI, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep. J
Keyword(s):
gangguan persepsi sensori : halusinasi pendengaran, terapi membaca al-qur’an, asuhan keperawatan.
Abstract :
Latar Belakang : Halusinasi pendengaran adalah persepsi yang seolah-olah mendengar suara padahal suara tersebut sebenarnya tidak nyata, isi suara halusinasi dapat berupa suatu perintah tentang perilaku pasien sendiri dan pasien merasa yakin bahwa suara itu nyata. Dampak yang dapat ditimbulkan oleh pasien yang mengalami halusinasi pendengaran yaitu kehilangan kontrol diri, dimana pasien mengalami panik dan perilakunya di kendalikan oleh halusinasi. Halusinasi dapat ditangani dengan terapi farmakologi dan nonfarmakologi. Salah satu terapi nonfarmakologi yang efektif yaitu tarapi membaca al-quran. Membaca al-quran memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit serta meningkatkan kemampuan pikir seseorang.
Metode : Study kasus yang dilakukan menggunakan metode case study dengan pendekatan deskriptif untuk mengetahui perubahan penurunan tanda dan gejala pasien halusinasi pendengaran. Kesimpulan : Terdapat adanya penurunan tanda dan gejala halusinasi pendengaran yang telah dilakukan terapi membaca al-quran pada pasien halusinasi pendengaran di RSKD Duren Sawit, terapi dapat digunakan dengan bantuan perawat atau keluarga dan tidak memiliki efek samping.