Asuhan Keperawatan Pada Pasien Diabetes Mellitus Dengan Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah Melalui Senam Kaki Di Ruang Teratai RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Nur Aisah
Tahun:
   2023
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035221019
Nama Mahasiswa:
 Nur Aisah
Nama Penulis:
 Nur Aisah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ns. SRI SURYATI, S.Kep., M.Kep
Keyword(s):
Diabetes Mellitus, Senam Kaki, Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah
Abstract :
Latar Belakang : Diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme yang disebabkan oleh kekurangan hormon insulin dalam tubuh seseorang. Kekurangan insulin menyebabkan gula (glukosa) yang dikonsumsi tubuh tidak bisa sempurna. Keadaan ini menyebabkan penderita mengalami hiperglikemia atau kelebihan gula darah. Pada penyakit diabetes, kondisi kadar gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang, disfungsi dan kegagalan berbagai organ, terutama feses, ginjal, saraf, jantung, dan pembuluh darah. Diabetes Mellitus disebut silent killer karena penyakit ini dapat menyerang seluruh organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan.
Metode : Metode yang digunakan yaitu wawancara berdasarkan format pengkajian keperawatan medical bedah dengan subjek studi kasus 1 orang pasien yang mengalami Diabetes Mellitus dengan ketidakstabilan kadar glukosa darah.
Hasil : Hasil yang didapatkan selama 3 hari dilakukan senam kaki menunjukkan adanya penurunan hasil gula darah sewaktu
Kesimpulan : Terdapat pengaruh senam kaki terhadap penurunan gula darah sewaktu yang dilakukan selama 30 menit dalam waktu 3 hari.
Kata Kunci : Diabetes mellitus; Ketidakstabilan kadar glukosa darah; Senam kaki