GAMBARAN HASIL PEMERIKSAAN HITUNG JENIS LEUKOSIT PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PASAR REBO TAHUN 2021-2022

Categorie(s):
   KESEHATAN
Author(s):
   PIMPI VIVIKA DEWI
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 1010191091
Nama Mahasiswa:
 pimpi vivika dewi
Nama Penulis:
 PIMPI VIVIKA DEWI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
IMAS LATIFAH, SKM, M.KKK.
Keyword(s):
TUBERKULOSIS, HITUNG JENIS LEUKOSIT, RSUD PASAR REBO
Abstract :
Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan bakteri
berbentuk batang yang dikenal dengan nama Mycobacterium tuberculosis.
Penyakit ini menular melalui ludah atau dahak penderita yang mengandung basil tuberkulosis paru.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui jumlah leukosit dan hitung jenis leukosit pada penderita tuberkulosis. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif sekunder dengan menggunakan data hasil pemeriksaan hitung jenis leukosit pada pasien Tuberkulosis Paru di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo sebanyak 100 pasien pada bulan januari 2021- juni 2022.
Hasil penelitian didapati abnormal tertinggi sel neutrofil batang sebanyak
100 (100%) pasien dan Limfosit sebanyak 83 (83%) dengan hasil dibawah nilai normal, lalu sel eosinofil sebanyak 62 (62%) orang dengan hasil diatas nilai normal. Berdasarkan jenis kelamin didapatkan hasil abnormal tertinggi yaitu sel limfosit pada laki-laki sebanyak 46 (84%) orang dan pada perempuan 34 (81%) orang dengan hasil dibawah nilai normal. Sementara berdasarkan usia didapatkan jumlah tertinggi pada usia 26-45 tahun sebanyak 42 (42%) orang. Dalam penelitian ini pasien Tuberkulosis Paru cenderung memiliki hasil eosinofil rendah, neutrofil tinggi, limfosit rendah dan monosit tinggi yang menandakan adanya reaksi imunitas pada tubuh pasien.