GAMBARAN KEPATUHAN HAND HYGIENE PADA PETUGAS INSTALASI STERILISASI SENTRAL DAN BINATU DI RUMAH SAKIT ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA JAKARTA TAHUN 2022

Categorie(s):
   KARYA TULIS ILMIAH
Author(s):
   AMELINDA DIA NIRWANA
Tahun:
   2022
Kode:
 13461
NIM Mahasiswa:
 1060191008
Nama Mahasiswa:
 amelinda dia nirwana
Nama Penulis:
 amelinda dia nirwana
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
ZULAIKA,
Suhermi, SKM.MPH
Keyword(s):
Kepatuhan petugas Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu
Abstract :
UNIVERSITAS M.H. THAMRIN
FAKULTAS KESEHATAN
PROGRAM STUDI DIII ADMINISTRASI RUMAH SAKIT
KTI, MEI 2022
AMELINDA DIA NIRWANA
GAMBARAN KEPATUHAN HAND HYGIENE PADA PETUGAS INSTALASI STERILISASI SENTRAL DAN BINATU DI RSAB HARAPAN KITA 2022
xiv +bab 7+99 halaman+9 gambar+8 tabel+4 lampiran+ 17 pustaka
ABSTRAK
Latar belakang : Rumah sakit sebagai instansi pelayanan kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien harus mengutamakan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit. Infeksi terkait perawatan kesehatan atau Healthcare Associated Infections (HAIs) merupakan masalah besar yang dihadapi rumah sakit dan masih cukup tinggi terjadi di Indonesia. Kegagalan dalam menjaga kebersihan tangan dengan baik dan benar merupakan penyebab utama HAIs. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kepatuhan petugas Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu dalam penerapan Hand Hygine.
Metode Penelitian : Menggunakan desain penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah responden merupakan petugas Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu dan 1 petugas kebersihan di RSAB Harapan Kita metode pengumpulan data dengan observasi dan survey
Hasil penelitian : Hasil dari distribusi frekuensi dari kepatuhan yaitu Menunjukkan terbanyak pada kelompok tidak patuh yaitu 20 responden (66,7%), Sikap terbanyak pada kelompok sikap Positif yaitu 23 responden (76,7%), kelompok yang menyatakan fasilitas Memadai yaitu 28 responden (93,3%), kelompok yang berpengetahuan baik yaitu 28 responden (93,3%), kelompok yg menyatakan supervisi baik yaitu 26 responden (86,7%)
Kesimpulan penelitian: Responden yang tidak patuh dalam hasil penilitian ini dikarenakan rendahnya tingkat kedisplinan yang dimiliki dalam melakukan penerapan Hand Hygiene di lingkungan kerja dan kurangnya rasa takut dengan dampak yang terjadi apabila tidak melaksanakan Hand Hygiene dengan baik dan benar serta kelengkapan fasilitas tidak menjamin responden untuk disiplin dalam melakukan Hand Hygiene.
Rekomendasi/ saran : Perlu adanya suatu pelatihan tentang hand hygiene yang berkelanjutan dengan informasi yang selalu diperbarui di Instalasi Sterlisasi Sentral dan Binatu, perlu adanya prosedur kerjasama dan persamaan persepsi terhadap pentingnya hand hygiene.

Kata kunci : Kepatuhan petugas Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu
Kepustakaan : 17 (2010-2019)