ANALISIS HASIL PEMERIKSAAN KETON DARAH DAN PEMERIKSAAN HbA1c PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI RSUD BUDHI ASIH JAKARTA

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Arda Aji Wiguna
Tahun:
   2022
Kode:
 13453
NIM Mahasiswa:
 1010191017
Nama Mahasiswa:
 Arda Aji Wiguna
Nama Penulis:
 Arda Aji Wiguna
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
CAHYAWATI RAHAYU, S.Si, M.Pd
CUT ERVINAR YARI,
Drs SEDIARSO, M.Farm., Apt
Keyword(s):
Diabetes Melitus, Keton Darah, HbA1c
Abstract :
Diabetes Melitus adalah penyakit metabolik yang disebabkan karena defisiensi insulin atau resistensi insulin. Gejala DM ditandai dengan poliuria, polidipsi, polifagi dan penurunan berat badan. Karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi, tubuh akan mencari sumber energi lain seperti lemak. Penggunaan lemak yang berlebih dapat meningkatan benda keton yang menyebabkan ketoasidosis. Pemeriksaan yang dipercaya untuk memonitor pengontrolan gula darah secara objektif adalah HbA1c pengendalian Diabetes Melitus yang buruk ditunjukan dengan nilai HbA1c >8%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pemeriksaan keton darah dan HbA1c pada penderita diabetes melitus di RSUD Budhi Asih.
Karya tulis ini disusun berdasarkan data sekunder yang diperoleh di RSUD Budhi Asih Jakarta. Data diperoleh penderita diabetes yang melakukan pemeriksaan keton darah dan HbA1C periode Januari Maret 2021sebanyak 50 orang.
Penderita DM pada laki laki didapat sebanyak 38%, sedangkan penderita DM pada perempuan didapat sebanyak 62%. Penderita DM dengan usia 11 19 tahun sebanyak 4%, pada usia 20 60 tahun sebanyak 72% dan pada usia >60 tahun sebanyak 24%. Penderita DM dengan kadar GDS >200mg/dL yang memiliki kadar keton darah normal sebanyak 64% dan yang memiliki kadar keton darah abnormal (ketosis) sebanyak 36% Penderita DM dengan kadar GDS >200mg/dL yang memiliki kadar HbA1c dengan glukosa darah terkontrol sebanyak 22%, sedangkan pasien dengan glukosa darah terkontrol buruk sebanyak 78%. Terdapat hubungan antara glukosa darah sewaktu dengan keton darah dengan nilai korelasi Spearmans 0,354 dan glukosa darah sewaktu dengan HbA1c dengan nilai korelasi Spearmans 0,662.