ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN HIPERTENSI DENGAN NYERIAKUT MELALUI PEMBERIAN TERAPI PIJAT KAKI DI RUANG RAWAT INAP RADJAK HOSPITAL SALEMBA

Categorie(s):
   Keperawatan Medikal Bedah
Author(s):
   ILAH MUHAFILAH, S.Kp., M.Kes
Tahun:
   2022
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035211001
Nama Mahasiswa:
 Bunga Ananda Iswara Wardana
Nama Penulis:
 Bunga Ananda Iswara Wardana
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
ILAH MUHAFILAH, S.Kp.,M.Kes
ANASTASIA HARDYATI,
Keyword(s):
Hipertensi, terapi pijat kaki
Abstract :
Latar Belakang : Hipertensi adalah suatu keadaan seseorang yang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik dan diastolik pada pemeriksaan tekanan darah menggunakan alat berupa cuff air raksa (spigmomanometer) atau biasa di sebut alat tensi. Peran perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan langsung kepada pasien berperan penting dalam usaha pengobatan bagi penderita hipertensi. Salah satu bentuk terapi dalam mengatasi masalah keperawatan nyeri akut pada pasien hipertensi adalah terapi pijat kaki yang dimana dapat dapat mengurangi ketegangan otot, dan memberikan relaksasi pada tubuh, sehingga dapat menurunkan rasa nyaeri yang di rasakan.
Metode : Metode yang dilakukan dalam karya ilmiah akhir ners adalah studi kasus dengan quasy experiment.
Hasil : Hasil analisa kasus pada pasien didapatkan yaitu ada pengaruh terapi pijat kaki terhadap penurunan skala nyeri pada penderita hipertensi.
Kesimpulan : Latihan terapi ini direkomendasikan untuk dilakukan pada pasien maupun keluarga pasien dengan penderita hipertensi.