ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK YANG MENGALAMI HIPERTERMI DENGAN PEMBERIAN KOMPRES HANGAT DI RUANG TOPAZ RS MH THAMRIN CILEUNGSI

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Nuraulia Hanifunissa Wiwaha
Tahun:
   2022
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035211011
Nama Mahasiswa:
 Nuraulia Hanifunissa Wiwaha
Nama Penulis:
 Nuraulia Hanifunissa Wiwaha
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Anak, Demam Tifoid, Hipertermi, Kompres hangat.
Abstract :
Nama : Nuraulia Hanifunissa W
Program Studi : Profesi Ners
Judul KIAN : Asuhan Keperawatan Pada Anak Yang Mengalami Hipertermi Dengan Pemberian Kompres Hangat Di Ruang Topaz RS MH Thamrin Cileungsi
Pembimbing : Ns. Neli Husniawati, S.Kep., M.Kep.,
Ns. Siti Djubaedah, S.Kep., M.Kep.,
Latar Belakang. Kesehatan merupakan salah satu faktor utama dan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Ancaman yang paling berbahaya dalam menurunkan derajat kesehatan anak adalah penyakit menular. Penyakit yang paling sering terjadi di negara berkembang adalah penyakit pada saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Salah satu diantaranya adalah penyakit demam tifoid. Demam tifoid adalah infeksi akut pada usus halus yang disebabkan oleh Salmonella thypi. Adapun masalah keperawatan yang lazim muncul pada klien demam tifoid salah satunya adalah hipertermia. Untuk mengatasi masalah keperawatan tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan kompres hangat.
Metode. format pengkajian yang dilakukan penulis adalah menggunakan metode wawancara dengan subjek studi kasus 1 orang pasien yang mengalami gangguan kebutuhan termolegurasi: Hipertermi. Salah satu intervensi keperawatan yang diberikan untuk menangani masalah tersebut adalah kompres hangat.
Hasil. Hasil yang didapatkan selama 3 kali melakukan kompres hangat, menunjukan adanya penurunan suhu tubuh.
Kesimpulan. Ada pengaruh kompres hangat terhadap penurunan suhu tubuh 0,97C setelah mendapat perlakuan kompres hangat selama 15 menit.
Kata Kunci : Anak, Demam Tifoid, Hipertermi, Kompres hangat.