ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA HIPERTENSI DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI TINDAKAN PEMBERIAN FOOT MASSAGE DI KELURAHAN SUSUKAN KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Mega Frisca
Tahun:
   2022
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035211003
Nama Mahasiswa:
 MEGA FRISCA
Nama Penulis:
 MEGA FRISCA
Item Type:
 Abstrak
Keyword(s):
Hipertensi, foot Massage, gangguan pola tidur.
Abstract :
Nama : Mega Frisca
Program Studi : Pendidikan Profesi Ners
Judul : Asuhan Keperawatan Keluarga Hipertensi Dengan Gangguan Pola Tidur Melalui Tindakan Pemberian Foot Massage di Kelurahan Susukan Kecamatan
Pembimbing : Fatimah, S.Kp., M.Kep., Ns. Sp. Kep.Kom & Tri Mulia Herawati, S.Kp., M.Kep
Latar Belakang. Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik 140 mmHg dan tekanan darah diastolik 90 mmHg. Komplikasi yang terjadi jika hipertensi tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke, aterosklerosis, aneurisma, gangguan saraf, kerusakan retina, penyakit ginjal, hingga kematian. Hipertensi juga dapat menyebabkan gangguan pola tidur karena gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis seseorang dapat menyebabkan risiko terjadinya peningkatan tekanan darah. Gangguan pola tidur memiliki berbagai macam terapi non-farmakologi seperti relaksasi aromaterapi, massage punggung, rendam kaki dengan air hangat, foot massage.
Terapi Foot massage dapat mempengaruhi hipertensi karena dapat memperlancar aliran darah, menurunkan norepinefrin, menurunkan kadar hormon kortisol, menurunkan stress yang secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah.
Metode. Pengkajian yang dilakukan penulis menggunakan metode wawancara dengan klien dan keluarga. Salah satu intervensi keperawatan yang dapat diberikan untuk menangani masalah gangguan pola tidur adalah terapi foot massage. Terapi foot massage dipilih sebagai metode untuk meningkatkan pola tidur dan menurunkan tekanan darah.
Hasil. Hasil yang didapatkan selama tiga kali mengajarkan latihan ini, menunjukkan adanya peningkatan pola tidur dan penurunan tekanan darah.
Kesimpulan. Latihan ini direkomendasikan sebagai terapi non-farmakologi yang bisa dijadwalkan setiap hari sebelum tidur untuk meningkatkan pola tidur.

Kata Kunci: Hipertensi, foot Massage, gangguan pola tidur.