ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA HIPERTENSI DENGAN MANAJEMEN KESEHATAN KELUARGA TIDAK EFEKTIF MELALUI TINDAKAN PEMBERIAN JUS MENTIMUN DI KELURAHAN SUSUKAN KECAMATAN CIRACAS

Categorie(s):
   KARYA ILMIAH AKHIR PROFESI NERS
Author(s):
   MEGA SETIAWATI
Tahun:
   2022
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035211004
Nama Mahasiswa:
 Mega Setiawati
Nama Penulis:
 Mega Setiawati
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Abstract :
ABSTRAK

Nama:Mega Setiawati
Program Studi:Profesi Ners
Judul :Asuhan Keperawatan Keluarga Hipertensi Dengan Manajemen Kesehatan Keluarga Tidak Efektif Melalui Tindakan Pemberian Jus Mentimun Di Kelurahan Susukan Jakarta Timur.
Pembimbing: Fatimah, S.Kp., M.Kep., Ns. Sp. Kep.Kom


Latar Belakang. Hipertensi adalah salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia yang pengidapnya sering tidak mengalami keluhan atau gejala. Penderita terdiagnosis hipertensi banyak tidak minum obat maupun tidak rutin minum obat dikarenakan merasa tidak memiliki tanda dan gejala. Manajemen kesehatan hipertensi dengan menggunakan tindakan nonfarmakologi sangat diperlukan terutama di keluarga, salah satu tindakan nonfarmakologi yang dapat digunakan yaitu jus mentimun, didalam satu buah mentimun diyakini mengandung Kalium yang tinggi, fungsi kalium sendiri yaitu dapat menstabilkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Metode. Jenis dan rancangan karya ilmiah ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk studi kasus untuk menganalisis masalah keperawatan pada keluarga dengan Hipertensi. Format yang digunakan yaitu format asuhan keluarga binaan.

Hasil. Hasil yang didapat dalam penelitian ini terjadi penurunan tekanan darah dalam waktu satu minggu setelah mengkonsumsi jus mentimun sebanyak 200 cc 3 gelas per minggu, hari ke 1 tekanan darah sebelum dilakukan perlakuan 160/80 mmHg, hari ke 3 menjadi 150/80 mmHg, hari ke 5 140/90 mmHg, dan hari terakhir 130/80 mmHg. Dalam seminggu penggunaan jus mentimun dan diimbangi dengan mengkonsumsi obat hipertensi Amlodiphine 10 mg tekanan darah dapat turun 30 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan 10 mmHg untuk tekanan darah diastolik.

Kesimpulan. Pemberian jus mentimun selama satu minggu dapat direkomendasikan pada penderita hipertensi di rumah sebagai salah satu upaya menurunkan tekanan darah.

Kata Kunci : Hipertensi; Jus Mentimun; Keluarga