Asuhan Keperawatan Pasien Anak Yang Mengalami Bronkopneumonia Di RS. Radjak Hospital Cileungsi Bogor

Categorie(s):
   Karya Tulis Akhir Profesi
Author(s):
   Lingga Trianda S. Kep
Tahun:
   2021
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035201013
Nama Mahasiswa:
 Lingga trianda S.Kep
Nama Penulis:
 Lingga trianda S.Kep
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ns. HELENA GOLANG NUHAN, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep. A
Keyword(s):
Asuhan Keperawatan, Bronkopneumonia Pada Anak Pra Sekolah
Abstract :
Latar belakang: Bronkopneumonia masih menjadi masalah kesehatan dunia karena angka kematiannya tinggi. Periode prevalence pneumonia pada tahun 2018 di Indonesia dilaporkan mengalami peningkatan sebanyak 0,4%. Khusus pneuomonia pada anak di Indonesia diperkirakan anatara 10-20% per tahun Masalah utama yang sering muncul pada bronkopneumonia pada anak adalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas, demam, muntah dan diare yang dapat mengancam seseorang sehingga perlu diberikan tatalaksana keperawatan yang adekuat. Perawat memiliki peranan penting dalam tata laksana pasien dengan bronkopneumonia melalui asuhan keperawatan.
Tujuan: Menerapkan asuhan keperawatan serta membandingkan dua pasien dengan bronkopneumonia di RS. Radjak Cileungsi Bogor.
Metode: Deskriptif pendekatan studi 2 kasus dengan pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu melakukan wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik.
Hasil: Masalah keperawatan yang terjadi pada pasien yaitu ketidakefektifan bersihan jalan napas, gangguan pertukaran gas, hipertemi, risiko ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, resiko kehilangan cairan tubuh dan resiko infeksi Setelah diberikan intervensi keperawatan selama tiga hari pada kedua pasien, masalah dapat teratasi.
Kesimpulan: Asuhan keperawatan yang dilakukan pada kedua pasien memiliki perbedaan masalah keperawatan, dimana pada pasien 1 ditemukan masalah gangguan pola nafas pertukaran gas sedangkan pada pasien 2 tidak ada. Asuhan keperawatan pada kedua pasien sesuai dengan teori asuhan keperawatan pada pasien dengan bronkopneumonia.