Analisis Hubungan Sikap Terhadap Perilaku Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Covid-19 Pada Perawat Pelaksana Puskesmas Di Kabupaten Karawang

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Shinta Andika Putri
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 1076201008
Nama Mahasiswa:
 shinta andika putri
Nama Penulis:
 Shinta Andika Putri
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
DR AJENG TIAS ENDARTI, SKM, M.Comm.H
Dr NUR ASNIATI DJAALI, SKM., MKM.
Dr. dr BRIAN SRI PRAHASTUTI, MPH
Dr. AJENG TIAS ENDARTI, SKM, M.CommHealth
Dr. Nur Asniati Djaali , SKM, MKM
Keyword(s):
Sikap, Perilaku Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Covid-19, Perawat Pelaksana
Abstract :
Latar Belakang : Pedoman sementara yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) terkait Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) COVID-19 adalah dengan menekan beberapa hal tindakan, diantaranya menerapkan kewaspadaan standar untuk semua pasien dan petugas kesehatan, memastikan triase awal, dan memakai masker untuk tindakan pencegahan tambahan. Perilaku penggunaan alat pelindung diri yang baik merupakan salah satu unsur dalam kewaspadaan standar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) COVID-19 diharapkan dapat menurunkan risiko penularan virus melalui darah dan droplet. Adanya risiko penularan yang cukup tinggi inilah yang menjadi dasar diperlukannya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang mencakup handscoon (sarung tangan), masker medis, kaca mata pelindung, dan pakaian pelindung diri. Perawat berperan sebagai pemberi asuhan keperawatan, kolaborator, pendidik, agent of change, dan peneliti di era pandemi. Hal ini dilakukan karena perawat sebagai garda terdepan dunia kesehatan dalam menghadapi pandemi.
Tujuan : Hasil laporan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model perilaku perawat pelaksana Puskesmas dan mengetahui hubungan sikap dan perilaku perawat pelaksana Puskesmas di Kabupaten Karawang dalam Perilaku Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) COVID-19 setelah dikontrol oleh variabel lain.
Metode : Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain potong lintang, menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 208 perawat pelaksana Puskesmas di Kabupaten Karawang tahun 2022.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada perawat pelaksana puskesmas di kabupaten karawang 62,3% responden berperilaku baik dan 37,7% responden berperilaku buruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 vaiabel yang memiliki hubungan yang bermakna terhadap Perilaku Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) COVID-19 pada perawat pelaksana Puskesmas di Kabupaten Karawang meliputi sikap, masa kerja dan riwayat keterpaparan COVID-19.