PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL NORMA DAN ADAT ISTIADAT KELAS IV SDN SUNTER JAYA 07

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   SITI NABILAH
Tahun:
   2023
Kode:
 86206
NIM Mahasiswa:
 4022191002
Nama Mahasiswa:
 Siti Nabilah
Nama Penulis:
 Siti Nabilah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Santhi Pertiwi, S.IP, M.Pd
AJENG TINA MULYANA, SPD,MPD
SUGI ALIBOWO, SPD,MPD
AKHMAD SUBKHI RAMDANI, SS., M.Pd
Keyword(s):
Model pembelajaran problem based learning, gaya belajar visual auditory kinesthetic, hasil belajar Ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD.
Abstract :
Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN Sunter Jaya 07, bahwa terdapat masalah yaitu rendahnya hasil belajar dan kurangnya minat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi norma dan adat istiadat karena beberapa faktor salah satunya model pembelajaran. Dan faktor internal yaitu gaya belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa pengajaran ilmu pengetahuan sosial materi norma dan adat istiadat masih belum optimal dalam penerapannya. Dengan mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan cara untuk meningkatkan hasil belajar dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran ilmu pengetahuan sosial terutama materi norma dan adat istiadat dengan cara menggunakan model pembelajaran problem based learning dan dikaitkan dengan gaya belajar (visual, auditory, kinesthetic). Tujuan peneliti untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan gaya belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial norma dan adat istiadat kelas pada siswa kelas IV SDN Sunter Jaya 07. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain pretest posttest control group design, dengan responden 60 siswa. pada kelas IV B sebagai kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran, nilai rata-rata pretest yaitu 51.60 setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan gaya belajar nilai rata-rata posttest yaitu 81.47 , sedangkan pada kelas IV A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran mind mapping nilai rata-rata pretest yaitu 44.17 dan nilai rata-rata posttest yaitu 63.03. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan gaya belajar mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan mind mapping. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajara problem based learning dengan gaya belajar secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial norma dan adat istiadat siswa kelas IV di SDN Sunter Jaya 07.