GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN POLI RAWAT JALAN DI RSUD BUDHI ASIH TAHUN 2019

Categorie(s):
   jurnal
Author(s):
   Zulaika, SKM., MKM
Tahun:
   2021
Nama Penulis:
 Zulaika
Item Type:
 Jurnal
Keyword(s):
Kepuasan Pelayanan
Abstract :
Pendahuluan
Rumah Sakit selain sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan juga merupakan salah satu organisasi pelayanan publik yang menyediakan jasa kesehatan, berkewajiban menyelenggarakan pengelolaan pengaduan masyarakat atas pelayanan yang diberikannya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan data kuantitatif. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien rawat jalan. Jumlah populasi yang diambil pada bulan desember 2018 sampai bulan februari 2019 sejumlah 64.069 pasien rawat jalan dan data tersebut di ambil dari Rekam Medis. Sample dalam penelitian ini pasien rawat jalan yang berkunjung ke poli rawat jalan sebanyak 400 responden. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian di RSUD Budhi Asih terdapat dilihat bahwa dari aspek kepuasan terdapat 273 (68.3%) responden menyatakan puas dengan pelayanan rawat jalan, sedangkan 127 (31.8%) responden menyatakan tidak puas.
Kesimpulan dan saran Diharapkan kepada pihak yang terkait untuk melakukan peninjauan kembali terhadap kebersihan di Rumah Sakit, sebaiknya dibagian pendaftar rajal ada tata cara alur pendaftaran, diharapkan kepada petugas pendaftaran agar lebih tanggap jika terjadi kesalahan atau gangguan pada sistem, serta petugas pendaftaran lebih komunkatif lagi terhadap pasien dalam hal apabila sedang terjadi kesalahan sistem agar pasien bisa memahami kondisi tersebut.