HOTS of Climate Change with Ichsans Taxonomy for Elementary Teacher Candidates

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Ilmi Zajuli Ichsan, Diana Vivanti Sigit, Nur Fadli Hazhar Fachrial, Sri Nurafifah, Ahmad Ali, Maricar H. Sison, Nurfadhilah, Rika Sa’diyah, Yusi Rahmaniar
Tahun:
   2022
Kode:
 86206
Nama Penulis:
 Sri Nurafifah
Item Type:
 Jurnal
Additional Info:
 HOTS of Climate Change with Ichsan’s Taxonomy for Elementary Teacher Candidates,Volume 8, Issue 1, 13-17, January 2022
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Climate change; Higher Order Thinking Skills; Ichsan’s Taxonomy Citation
DOI:
DOI: 10.29303/jppipa.v8i1.930
Abstract :
Pentingnya mengembangkan pembelajaran lingkungan untuk mengatasi perubahan iklim
masalah, khususnya. Salah satu fokusnya adalah pembelajaran perubahan iklim di tingkat dasar
tingkat sekolah yang mengharuskan calon guru SD memahami berbagai iklim
mengubah masalah. Keterampilan yang diperlukan adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dapat diukur dengan menggunakan
Taksonomi Ichsan sebagai sebuah inovasi. Taksonomi Ichsan terdiri dari enam tingkat berpikir,
yaitu mengidentifikasi, membandingkan, menerapkan, mengkritik masalah, memecahkan masalah, dan mengembangkan
inovasi. Penelitian ini mendeskripsikan HOTS calon guru SD dengan menggunakan
HOTS Perubahan Iklim dengan Taksonomi Ichsan (HOTSCC-Ichsan). Penelitian ini menggunakan a
metode deskriptif dengan survei sebagai teknik pengumpulan datanya. Studi ini menemukan bahwa
Nilai HOTS calon guru SD yang diukur menggunakan HOTSCC-Ichsan adalah
dalam kategori sangat rendah (28,03). Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan berbasis HOTS
pembelajaran intensif bagi calon guru SD. Untuk itu diperlukan media pembelajaran
pengembangan untuk mengatasi rendahnya HOTS. Kesimpulan penelitiannya adalah HOTS dari
calon guru SD masih rendah dan perlu perbaikan.
  Link File