The Influence of Green Marketing and Service Quality on Loyalty through Intervening Variable of Divers Satisfaction

Categorie(s):
   Plagiarsm Check
Author(s):
   Helena Louise Panggabean, Evi Noviaty
Tahun:
   2023
Nama Penulis:
 Evi Noviaty, Helena Louise Panggabean
Item Type:
 Jurnal
Keyword(s):
Green Marketing, Service Quality, Satisfaction, Loyalty, Intervening Variable. Dive Tourism, Indonesia
Abstract :
Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan industri selam guna meningkatkan pendapatan negara. Tetapi
Peluang ini perlu dikelola dengan baik agar dapat menjalankan konsep green marketing for
meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Green Marketing dan
Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Melalui Variabel Intervening Kepuasan Penyelam. Metode Penelitian yang digunakan adalah
analisis deskriptif dengan desain penelitian menggunakan desain deskriptif. Obyek penelitiannya adalah 12 dive center yang tersebar
di tiga provinsi, yaitu : DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Unit analisis berpengalaman
dan penyelam bersertifikat dengan total 200 responden. Setiap sampel dari dive center dipilih secara proporsional. Teknik
Sampling adalah judgement sampling. Analisis Teknis yang digunakan Analisis Structural Equation Modelling yang akan digunakan, diantaranya
sebagai: Model Pengukuran, Korelasi-Matriks, Model struktural, hipotesis dan variabel intervening. Itu
alat analisis yang digunakan SPSS dan Lisrel.Hasil penelitian menggambarkan bahwa praktik green marketing, service
kualitas, kepuasan pelanggan dan loyalitas penyelam di Indonesia memiliki hasil yang positif meskipun ada
indikator masih rendah. Analisis Jalur digunakan untuk menguji pengaruh langsung atau tidak langsung dari yang dihipotesiskan
variabel yang menggunakan kepuasan sebagai variabel intervening.