RANCANG BANGUN SISTEM PENGONTROLAN KEJERNIHAN AIR PADA BAK PENAMPUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS PADA PT DAUN BIRU ENGINEERING

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Sahrul Ramdhani
Tahun:
   2022
Kode:
 55201
NIM Mahasiswa:
 2023201010
Nama Mahasiswa:
 Sahrul Ramdhani
Nama Penulis:
 Sahrul Ramdhani
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
DEDI SETIADI,
Rano Agustino, S.Kom, M.Kom
Keyword(s):
Arduino, Web Service, NodeMCU, Sensor
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Bahwa kondisi air sumur pada area kantor kondisi airnya cukup keruh. Hal ini dapat menimbulkan sakit perut jika air tersebut di konsumsi oleh karyawan, bahkan kurang baik untuk keshatan kulit.
kendala pun ditemukan ketika ingin melakukan filterisasi pada bak penampung air karena belum tahunya informasi kandungan nutrisi pada air tersebut seperti, jumlah kandungan PH, level air, dan kandungan lainnya yang terdapat air. Data tersebut dibutuhkan untuk diolah menjadi data informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini, penulis bertujuan ingin membuat Sistem Pengontrol Kejernihan Air Pada Bak Penampung Berbasis Internet Of Things Pada PT Daun Biru Engineering.
Solusi dari permasalahan penelitian ini adalah, pembuat mencoba Sistem Pengontrol Kejernihan Air Pada Bak Penampung Berbasis Internet Of Things Pada PT Daun Biru Engineering, guna membantu staf umum untuk melakukan kontrol kandungan air pada bak penampung tersebut. Untuk pengolahan data history kandungan kejernihan pada air pengguna dapat menampilkan data yang sudah diolah tersebut menjadi lebih praktis tanpa harus mengolah data secara manual.