RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN KINERJA HARIAN APARATUR SIPIL NEGARA (SIMPENAN) PADA DISKOMINFO PROVINSI BANTEN

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Hermawan
Tahun:
   2022
Kode:
 55201
NIM Mahasiswa:
 2023201005
Nama Mahasiswa:
 Hermawan
Nama Penulis:
 Hermawan
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ir. Yohanes Bowo Widodo, M.Kom
Mohammad Narji, S.Kom , M.Kom
Keyword(s):
Rancang Bangun, Sistem, Informasi, Manajemen, Aparatur, Sipil, Negara
Abstract :
Diskominfo Banten merupakan Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Banten. Dalam melaksanakan tugasnya, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten menyelenggarakan fungsi dan wewenang yaitu pengelolaan informasi dan komunikasi publik Pemerintah daerah Provinsi, pengelolaan nama domain yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat dan sub domain di lingkup Pemerintah Daerah provinsi, pengelolaan e-Government di lingkup Pemerintah Daerah provinsi.
Penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemerintah Daerah provinsi, penetapan pola komunikasi sandi antar perangkat daerah provinsi, dan pelaksanaan tugas yang diberikan oleh gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya. Pegawai Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten dari Januari 2017 sampai dengan saat ini berjumlah 65 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah merancang sebuah Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Kinerja Harian Aparatur Sipil Negara (SIMPENAN) Pada Diskominfo Provinsi Banten untuk memberikan notifikasi dan mempermudah proses inputan laporan kinerja harian.

Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Kinerja Harian Aparatur Sipil Negara (SIMPENAN) pada diskominfo banten dirancang menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor atau biasa disingkat dengan nama PHP yang berbasis Framework Laravel dan Node Js yang memiliki pondasi bahasa pemrograman menyatu dengan bahasa pemrograman HTML (Hyper Text Markup Language) dan JavaScript. Sedangkan database dalam aplikasi memanfaatkan teknologi MySQL Server untuk kebutuhan menunjang data yang terorganisir. Belum maksimalnya proses pelaporan kinerja harian menggunkan teknologi komputer berbasis informasi. Menjadi kendala nyata yang dihadapi.
Dinas Komuikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten. Dengan memanfaatkan aplikasi yang telah penulis rancang, besar harapan dapat membantu pemecahan solusi terhadap kendala tersebut. Penjelasan tentang Rancang Bangun sistem pada aplikasi telah penulis uraikan kedalam bentuk pemodelan UML (Unified Modeling Language) yang dapat mempermudah pembaca dalam memahami alur sistem tersebut.
Dengan penerapan aplikasi pada proses pelaporan kinerja harian aparatur menggunakan aplikasi SIMPENAN. Kini lebih sederhana dan praktis. Serta mengurangi resiko hilang data.