RANCANG BANGUN BLACKBODY LIQUID BERBASIS ARDUINO UNO

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Sri,Wahyuni,A
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 1083201007
Nama Mahasiswa:
 Sri Wahyuni A
Nama Penulis:
 Sri Wahyuni A
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 Danang Kristioko Legowo, ST.,MM
Advisor:
Mulyatno, S.Kom., MM, Gunawan, ST.,MT
Keyword(s):
Thermogun,covid-19,kalibrasi,blackbody,thermometer,thermocouple
Abstract :
atar Belakang :ThermoGun klinik adalah alat pendeteksi suhu tubuh manusia dengan metode non-kontak, artinya bahwa pengukuran suhu tanpa menyentuh objek yang di ukur. Thermogun juga dikenal dengan nama infrared thermometer karena panas yang di deteksi oleh sensor tersebut berada pada panjang gelombang cahaya infra merah. Thermo gun klinik mempunyai rentang ukur 32 oc 42 oc dengan akurasi 0,2 oc.
Tujuan Penelitian : Merancang dan membuat alat kalibrator thermogun berbasis arduiono uno untuk menjaga keakurasian hasil ukur thermogun
Metode : Menggunakan metode SDLC (Systems Development Life Cycle), yang terdiri dari tahapan perencanaan,analisis, desain, membuat dan ujicoba.
Hasil Penelitian : Pengujian blackbody pada alat kalibrasi ini dilakukan menggunakan termometer kontak atau Thermogun dengan 6 titik pengukuran dan 3 unit termometer inframerah. Pengujian pengukuran suhu pada blackbody menggunakan Thermogun memiliki nilai rata-rata penyimpangan sebesar 0,14C dengan tingkat keakurasian 99,95% dan pengujian pengukuran suhu menggunakan sensor PT-100 terhadap blackbody memiliki nilai rata-rata penyimpangan sebesar 1,08 C dengan tingkat keakurasian 99,76%.


Kata Kunci : Thermogun, Covid-19, Kalibrasi, Blackbody
Thermometer Thermocouple.
Daftar Pustaka : 18(20102020)