HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) TERHADAP KEJADIAN STUNTING DI DESA CIRINTEN KABUPATEN LEBAK BANTEN

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   AMANI NUR SOLEHAH
Tahun:
   2022
Kode:
 14201
NIM Mahasiswa:
 1032181041
Nama Mahasiswa:
 Amani Nur Solehah
Nama Penulis:
 Amani Nur Solehah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ns. NELI HUSNIAWATI, S.Kep., M.Kep
Ns. HELENA GOLANG NUHAN, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep. A
Keyword(s):
Pemberian MP-ASI, Kejadian Stunting, Pemdidikan Ibu.
Abstract :
Nama: Amani Nur Solehah
NIM: 1032181041
Judul : Hubungan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI ) Terhadap Kejadian Stunting Di Desa Cirinten Kabupaten Lebak
ABSTRAK
Latar belakang: Tingginya prevalensi stunting di Jawa Barat khususnya di kabupaten pandeglang penyebabnya yaitu pemberian MP-ASI. Jika pemberian asupan bayi dalam kategori yang kurang dapat berdampak kejadian stunting.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) terhadap kejadian stunting di Desa Cirinten Kabupaten Lebak Banten.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel yamg digunakan dalam penelitian ini sebanyak 117 dengan menggunakan Purposive Sampling. Instrument kuesioner yang digunakan yaitu skala pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dan skala pengukuran antropometri kemudian dianalisis secara univariat dan bivariate dengan uji chi-square.
Hasil: Dari 117 responden terdapat Pendidikan ibu sebanyak (56,4%), pemberian MP-ASI sebanyak (64,1%) dan Kejadian stunting sebanyak (29,9%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang bermakna antara pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) terhadap kejadian Stunting di Desa Cirinten Kabupaten Lebak Banten, dengan perolehan nilai P value = 0,000 ( < 0,05) diartikan bahwa perbedaan proporsi tersebut bermakna secara statistic.
Rekomendasi: Peran orang tua dapat lebih menyadari betapa pentingnya pemberian makanan pendamping ASI MP-ASI dan meningkatkan kesadaran ibu menangani pemberian MP-ASI yang diharapkan anak-anak usia 6-24 bulan mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang sehingga dapat menurunkan atau mencegah kejadian stunting.


Kata Kunci : Pemberian MP-ASI, Kejadian Stunting, Pemdidikan Ibu.
Daftar Pustaka : 56 buah (2013 2022)