Pengaruh penggunaan model pembelajaran Crossword puzzle Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD 8 PSKD Depok

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   TITIS PURWANTI
Tahun:
   2022
Kode:
 86206
NIM Mahasiswa:
 4022181033
Nama Mahasiswa:
 TITIS PURWANTI
Nama Penulis:
 TITIS PURWANTI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
SOPIAH, SPD,MPD
SUGI ALIBOWO, SPD,MPD
Keyword(s):
Model Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar Siswa
Abstract :
ABSTRAK

Titis Purwanti, NIM 3022181033. Pengaruh Model Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD 8 PSKD Depok.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD 8 PSKD Depok tahun ajaran 2021/2022.
Medote penelitian yang diginakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD 8 PSKD Depok. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan tes formatif untuk mengukur variable model pembelajran dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD 8 PSKD Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 11,233 lebih besar dari pada nilai ttabel 2,0336 (11,233 > 2,0336)
Dengan demikian, kesimpulannya adalah Model Pembelajaran Crossword Puzzle mempengaruhi hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas V SD 8 PSKD Depok.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar Siswa