HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 30 BEKASI

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   CINDY ANGGRAINI PARAMITHA
Tahun:
   2022
Kode:
 14201
NIM Mahasiswa:
 1032181019
Nama Mahasiswa:
 cindy anggraini paramitha
Nama Penulis:
 cindy anggraini paramitha
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
FATIMAH, S.Kp., M.Kep
Ns. NELI HUSNIAWATI, S.Kep., M.Kep
TITI INDRIYATI, SKM., M.Epid
Keyword(s):
Perilaku personal hygiene, pengetahuan, dukungan keluarga.
Abstract :
Nama : Cindy Anggraini Paramitha
NIM : 1032181019
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi pada Remaja Putri di SMPN 30 Bekasi

ABSTRAK

Latar Belakang : Perilaku personal hygiene sangatlah penting dilakukan ketika seorang remaja terutama remaja yang sedang mengalami menstruasi karena dapat memicu terjadinya risiko infeksi apabila tidak dilaksanakan dengan benar. Akibat kurangnya personal hygiene genetalia terutama pada saat menstruasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan reproduksi seperti keputihan dan infeksi pada area vagina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja di SMPN 30 Bekasi.
Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif metode deskriptif analitik, dengan desain cross sectional. Variabel independen (pengetahuan, dukungan keluarga) dan variabel dependen (perilaku personal hygiene). Teknik pengambian sampel menggunakan Purposive sampling sebanyak 289 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi square.
Hasil : Hasil penelitian diketahui bahwa siswi berpengetahuan kurang sebanyak 152 (52,6%) responden, dukungan keluarga buruk 159 (55,0%) responden dan perilaku kurang baik sebanyak 192 (66,4%) responden. Diketahui bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value 0,001), dukungan keluarga (p-value 0,001) Perilaku Personal Hygiene saat menstruasi.
Kesimpulan : Tingkat pengetahuan remaja putri dan dukungan keluarga mempunyai hubungan yang erat dengan perilaku personal hygiene sehingga diharapkan remaja dapat meningkatkan perilaku baik untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kebersihan diri pada remaja terlebih saat mentruasi dan remaja putri bisa menerapkan tindakan-tindakan personal hygiene saat mengalami menstruasi.

Kata Kunci : Perilaku personal hygiene, pengetahuan, dukungan keluarga.
Daftar Pustaka : 57 buah (2012-2021).