PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Fina Juliantini
Tahun:
   2022
Kode:
 61201
NIM Mahasiswa:
 3012181076
Nama Mahasiswa:
 FINA JULIANTINI
Nama Penulis:
 FINA JULIANTINI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Dr EVI NOVIATY, S.E., MBA.
HELENA LOUISE PANGGABEAN, S.E.MM
TUTIK DWI WINARNI, Dr.,DRA.,MM
SUSIANA DEWI RATIH,
Evi Noviaty, SE. MBA
Keyword(s):
online customer review, online customer rating, keputusan pembelian
Abstract :
ABSTRAK
Nama : Fina Juliantini
NIM : 3012181076
Judul : Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer
Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada
Marketplace Tokopedia. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 98 orang
konsumen yang telah memberikan review dan rating pada marketplace
Tokopedia.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan aplikasi software SPSS 24. Teknik analisis data menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji
multikolinieritas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien
determinan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh online
customer review terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan berdasarkan
hasil uji t dengan nilai t hitung > t tabel yaitu nilai 2,956 > 1,98 dan nilai
signifikan sebesar 0,004 < 0,05. Terdapat pengaruh online customer rating
terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji t dengan nilai t
hitung > t tabel yaitu nilai 2,135 > 1,98 dan nilai signifikan sebesar 0,035 <
0,005. Kemudian, terdapat pengaruh Online Customer Review dan Online
Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji F dengan
nilai F hitung > F tabel yaitu 13,321 > 3,09 dan nilai signifikan sebesar 0,000 <
0,05. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R Square
sebesar 0,369. Maka online customer review dan online customer rating
berpengaruh secara simultan dengan kadar determinasi sebesar 37%, dan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 73%.
Kata kunci: online customer review, online customer rating, keputusan
pembelian.
Referensi : 4 buku, 20 jurnal
Jakarta, 10 Agustus 2022
Fina Juliantini