PENGARUH CURRENT RASIO DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETRUN ON EQUITY

Author(s):
   Maria Claret
Tahun:
   2022
NIM Mahasiswa:
 3022181199
Nama Mahasiswa:
 MARIA CLARET AGONG TOBIL
Nama Penulis:
 Maria Claret Agong Tobil
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Dr EVI NOVIATY, S.E., MBA.
Herni Pujiati, SE., MM
Evi Noviaty, SE. MBA
Keyword(s):
CURRENT RASIO,DEBT TO EQUITY RATIO,RETRUN ON EQUITY
Abstract :
Laporan Keuangan adalah salah satu informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan dan informasi tersebut dapat melihat kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Retrun on Equity (studi kasus pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskritif. Hasil penelitian menunjukan bahwa CR dan DER secara simultan berpengaruh terhadap ROE sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai adjusted R Square sebesar 55,5%. Secara parsial CR Berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROE sebesar -0,003 < 0,05, DER Berpengaruh sigifikan terhadap ROE sebesar 0,050 < 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah CR dan DER berpengaruh secara signifikan terhadap ROE pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 sebesar 0,000 < 0,05. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa melanjutkan penelitian lanjutan, membahas lingkup yang lebih luas seperti penambahan variable lainnya.

Kata Kunci: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Retrun on Equity Ratio
Refrensi : 13 Buku, 8 Jurnal, 3 Website