Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Industri Wisata Selam Di Indonesia

Categorie(s):
   Disertasi
Author(s):
   Evi Noviaty
Tahun:
   2020
Kode:
 Prodi Akuntansi
Nama Penulis:
 Evi Noviaty
Item Type:
 Disertasi
Additional Info:
 Prof. Dr. Husein Umar, MBA.,MM
Keyword(s):
Green Marketing, Kualitas Layanan, Kepercayaan, kepuasan, Loyalitas
Abstract :
Industri wisata selam di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan perlu di kelola dengan baik dengan mengusung konsep Ekowisata atau Green Tourism. Namun belum di dukung oleh kinerja optimal para pelaku bisnis Dive Center dengan masih rendahnya tingkat loyalitas konsumen wisata selam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Green Marketing, Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Peserta Wisata Selam di Indonesia.

Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah Anlisis Deskriptif dengan menggunakan desain penelitian explanatory. Objek penelitian ini adalah 12 Dive Center yang tersebar di tiga provinsi di Indonesia. Unit analisis adalah para penyelam yang berpengalaman dan memiliki sertifikat penyelam sebanyak 200 responden, setiap dive center dipilih sampel secara proporsional. Teknik pengambilan sampel adalah judgment sampling. Alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif yang didukung oleh perangkat lunak SPSS dan statistik inferensial yang didukung oleh perangkat lunak Lisrel Versi 8,80

Hasil penelitian deskriptif menyatakan bahwa praktik green marketing, kualitas layanan, kepercayaan , kepuasan dan loyalitas penyelam terhadap dive center sudah positif walaupun masih ada indikator-indikator yang dinilai rendah. Hasil penelitian kausalitas menyatakan bahwa: a) Green Marketing tidak berpengaruh terhadap Loyalitas, b) Green Marketing berpengaruh terhadap Kepuasan, c) Green Marketing tidak berpengaruh terhadap Kepercayaan, d) Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan, e) Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas, f) Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Kepercayaan, g) Kepercayaan berpengaruh terhadap Kepuasan h) Kepuasan berpengaruh terhadap Loyalitas, i) Kepuasan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas penyelam