RANCANG APLIKASI PENGENAL WAJAH PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON DAN SQLITE

Author(s):
   JOHAN MIYADI
Kode:
 20301
NIM Mahasiswa:
 1083201002
Nama Mahasiswa:
 JOHAN MIYADI
Nama Penulis:
 JOHAN MIYADI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Siti Jumhati, SST, SKM,. M.Kes,
Rano Agustino, S.Kom, M.Kom
Keyword(s):
Face Recognition, Python, TKinter, SQLite, Haarcascade, LBPH
Abstract :
Di era industry 4.0 ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat terutama di bidang pengenalan wajah atau face recognition serta dilatar belakangi belum adanya proses registrasi di rumah sakit yang menggunakan teknologi tersebut. Penulis merancang sistem pengenalan wajah pasien yang terhubung langsung dengan database. Metode yang digunakan menggunakan SDLC, algoritma yang di gunakan adalah algoritma haarcascade serta Local Binary Pattern Histogram (LBPH) untuk merecognition data wajah. Identitas yang ditampilkan datanya diambil dari database.
Rancangan yang dibuat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi sistem dapat berjalan dengan baik menggunakan bahasa program Python dengan library OpenCV serta tampilan menggunakan TKinter dan database SQLite.
Kelebihan rancangan ini menggunakan tampilan muka yang dapat langsung terhubung dengan database, algoritma nya haarcascade frontal sehingga hanya bisa digunakan untuk merekam tampilan wajah dari depan, tampilan wajah hadap samping hadap atas tidak dapat dikenali. database menggunakan Create bisa dikembangkan menggunakan CRUTE.