ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA OSTEOARTRITIS DENGAN NYERI AKUT MELALUI TINDAKAN PEMBERIAN KOMPRES PARUTAN JAHE MERAH DI KELURAHAN SUSUKAN KECAMATAN CIRACAS

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Reftiana Puspita Prestisia
Tahun:
   2022
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035211023
Nama Mahasiswa:
 reftiana puspita prestisia
Nama Penulis:
 Reftiana Puspita Prestisia
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
FATIMAH, S.Kp., M.Kep
Ns. NELI HUSNIAWATI, S.Kep., M.Kep
Keyword(s):
Keluarga, nyeri akut, ostearthritis, kompres parutan jahe merah.
Abstract :
ABSTRAK


Nama: Reftiana Puspita Prestisia
Program Studi : Pendidikan Profesi Ners
Judul : Asuhan Keperawatan Keluarga Osteoartritis Dengan Nyeri Akut Melalui Tindakan Pemberian Kompres Parutan Jahe Merah Di Kelurahan Susukan Kecamatan Ciracas
Pembimbing :Fatimah, S.Kp., M.Kep., Sp. Kep.Kom dan Tri Mulia Herawati, S.Kp., M.Kep

Latar Belakang:. Osteoarthritis (OA) adalah penyakit degeneratif pada sendi yang biasa terjadi pada tangan, pinggang & lutut. OA yang terus dibiarkan dapat menyebabkan rasa sakit, kekakuan, pembengkakan, dan dapat menyebabkan kecacatan. Untuk mengurangi nyeri terdapat dua cara yang pertama dapat menggunakan farmakologi/ obat analgesik (pereda nyeri) dan yang kedua dapat menggunakan terapi non-farmakologi. Salah satu terapi non-farmakologi untuk mengurangi nyeri adalah terapi kompres parutan jahe merah.
Metode: Cara pengambilan kasus diambil langsung dengan wawancara & pemeriksaan fisik pada pasien & keluarga pasien menggunakan format pengkajian keluarga dan nyeri.
Hasil: Asuhan keperawatan pada keluarga Ny.T dilakukan selama 3 hari dengan intervensi tindakan kompres parutan jahe merah menunjukkan penurunan skala nyeri dari 5 menjadi 2. Keluarga memanfaatkan fasilitas kesehatan secara optimal dengan membawa keluarga yang sakit atau mengkontrol kesehatan secara rutin.
Kesimpulan: Salah satu intervensi yang dapat diberikan pada masalah nyeri akut pada kasus OA adalah pemberian kompres parutan jahe merah yang direkomendasikan pada keluarga Ny. T. Tahap pelaksanaan telah disusun bersama perawat dan keluarga. Evaluasi hasil mengacu pada tujuan pemenuhan kebutuhan klien selama 3hari dan menunjukkan masalah teratasi seluruhnya.

Kata Kunci : Keluarga, nyeri akut, ostearthritis, kompres parutan jahe merah.