ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DEMAM TYPHOID DENGAN HIPERTERMI MELALUI PEMBERIAN KOMPRES HANGAT DI RUANG RAWAT INAP RUBY RS MH THAMRIN CILEUNGSI

Categorie(s):
   KIAN
Author(s):
   Riska Indriyani
Tahun:
   2022
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035211013
Nama Mahasiswa:
 RISKA INDRIYANI
Nama Penulis:
 RISKA INDRIYANI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 Ilah Muhafilah, S.Kep, M.Kes Ns. Anastasia Hardyati, M.Kep., Sp.KMB Ns. Seven Sitorus, M.Kep., Sp.Kep.MB
Advisor:
ILAH MUHAFILAH, S.Kp.,M.Kes
ANASTASIA HARDYATI,
Keyword(s):
Demam Typhoid, Hipertermi, Kompres Hangat
Abstract :
Latar Belakang. Demam typhoid merupakan penyakit yang rawan terjadi di Indonesia, karena karakteristik iklim yang rawan dengan penyakit yang berhubungan dengan musim. Demam tifoid adalah infeksi akut pada usus halus yang disebabkan oleh Salmonella thypi. Adapun masalah keperawatan yang lazim muncul pada klien demam tifoid salah satunya adalah hipertermia. Untuk mengatasi masalah keperawatan tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan kompres hangat.
Metode. format pengkajian yang dilakukan penulis adalah menggunakan metode wawancara dengan subjek studi kasus 1 orang pasien yang mengalami gangguan kebutuhan termolegurasi: Hipertermi. Salah satu intervensi keperawatan yang diberikan untuk menangani masalah tersebut adalah kompres hangat.
Hasil. Hasil yang didapatkan selama 3 kali melakukan kompres hangat, menunjukan adanya penurunan suhu tubuh.
Kesimpulan. Ada pengaruh kompres hangat terhadap penurunan suhu tubuh 0,97C setelah mendapat perlakuan kompres hangat selama 15 menit.