GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD BUDHI ASIH JAKARTA

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Trisna Budy Widjayanti
Tahun:
   2021
Nama Penulis:
 Trisna Budy Widjayanti
Item Type:
 Jurnal
Additional Info:
 FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MH. THAMRIN
ISSN/ISBN:
ISSN 2301-9255
Keyword(s):
Kepuasan Pasien BPJS, Rawat Jalan
Abstract :
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Volume 4 No.2 ISSN 2301-9255
21
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD BUDHI ASIH JAKARTA
Trisna B Widjayanti
Prodi DIII Administrasi Rumah Sakit Universitas MH Thamrin
ABSTRAK
Kepuasan pasien itu penting bagi rumah sakit, kepuasan pasien dapat mengevaluasi pelayanan yang sudah diberikan saat ini. Hasil survei kepuasan sebelumnya pada RSUD Budhi Asih sebesar 80,29% dan survei yang dilakukan tidak dibedakan menurut golongan seperti pasien nonBPJS dan pasien BPJS sedangkan indeks nilai kepuasan pasien pada tahun ini sebesar 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan RSUD Budhi Asih. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode lembar kuesioner antara harapan dan kenyataan yang diterima pasien. Hasil penelitian didapatkan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan kurang memuaskan karena nilai harapan pasien (2,33) lebih besar dari pada nilai kenyataan pelayanan yang diterima pasien (2,31). Hasil setiap gap dari tiap dimensi mendapatkan nilai negatif atau kurang memuaskan yaitu dimensi tangible -0,01, dimensi reliability -0,13, dimensi responsiveness -0,07, dimensi assurance -0,22, dan dimensi emphaty -0,12. Untuk mendapatkan hasil kepuasan pasien BPJS yang lebih baik diharapkan melakukan perbaikan pada pelayanan rawat jalan dan memberikan pelatihan kepada petugas rumah sakit yang menangani pasien di rawat jalan RSUD Budhi Asih.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien BPJS, Rawat Jalan