GAMBARAN KINERJA PETUGAS FARMASI PADA ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BUDHI ASIH JAKARTA TAHUN 2019

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Trisna Budy Widjayanti
Tahun:
   2021
Nama Penulis:
 Trisna Budy Widjayanti
Item Type:
 Jurnal
Additional Info:
 FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MH. THAMRIN
ISSN/ISBN:
ISSN 2301-9255
Keyword(s):
Kinerja, Petugas Farmasi
Abstract :
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Volume 4 No 1 ISSN 2301-9255
52
GAMBARAN KINERJA PETUGAS FARMASI PADA ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BUDHI ASIH JAKARTA TAHUN 2019
1 Trisna Budy Widjayanti
1Prodi D III Manajemen Pelayanan Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Universitas MH. Thamrin
ABSTRAK
Latar Belakang: Sejak era Jaminan Kesehatan Nasional menyebabkan perubahan aturan, kebijakan, bahkan memberikan tambahan beban kerja. Kinerja tenaga kesehatan merupakan masalah yang harus dikaji untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan. RSUD Budhi Asih waktu tunggu pelayanan obat belum mencapai standar yang ditetapkan. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan kefarmasian berkaitan dengan sistem kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja petugas farmasi pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih Jakarta Tahun 2019.
Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional.
Hasil: Gambaran kinerja petugas farmasi pada era Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD Budhi Asih sudah berjalan dengan baik, petugas perempuan lebih banyak dibanding laki-laki, petugas lebih dominan berumur lebih dari 30 tahun, pendidikan yang lebih dominan yaitu DIII Farmasi, petugas paling dominan yaitu dengan masa kerja 3 tahun, disiplin kerja belum maksimal dilihat dari pernyataan bahwa petugas belum mematuhi peraturan. Berdasarkan gaya kepemimpinan dan struktur organisasi pekerjaan sudah berjalan dengan baik. Motivasi petugas belum maksimal dilihat dari pernyataan petugas bahwa belum adanya sistem reward.
Saran: Faktor usia dan tingkat pendidikan mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagian SDM dalam perekrutan, melakukan monitong petugas farmasi, memberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku, serta membangun motivasi agar meningkatkan semangat kerja.
Kata Kunci: Kinerja, Petugas Farmasi
Daftar Pustaka: 36 Pustaka (1997-2018)