DAMPAK PROMOSI PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERLIBATAN PELANGGAN DAN MINAT BELI PADA USAHA MIKRO MENENGAH DAN KECIL

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Ahmad Rojikun
Tahun:
   2022
Kode:
 61201
Nama Penulis:
 Ahmad Rojikun
Item Type:
 Jurnal
eISSN/eISBN:
2828-691X
Keyword(s):
Promosi, Media Sosial, Keterlibatan Pelanggan, Minat Beli.
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2
Abstract :
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi persaingan maka wajib beradaptasi dan
berinovasi agar mampu bertahan dan berkelanjutan. Saat ini, teknologi terus berkembang, dengan adanya
penemuan internet yang merevolusi peradaban manusia, maka UMKM yang mampu beradaptasi dengan
memanfaatkan internet akan maju dan berkembang ke arah yang lebih baik. Media sosial merupakan salah satu
dampak dari perkembangan internet, yang memudahkan manusia untuk berinteraksi dengan sesama. Penelitian
ini menganalisis pengaruh promosi pada media sosial terhadap keterlibatan pelangggan dan minat beli pada 30
unit usaha UMKM di Pamulang, Tangerang Selatan. Data dikumpulkan dengan kuesioner skala likert dan diolah
dengan SmartPLS versi 3.00. Hasil penelitian menunjukkan Promosi di media sosial berpengaruh signifikan
terhadap keterlibatan pelanggan, promosi di media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli,
keterlibatan pelanggan mempu memediasi secara signifikan promosi di media sosial terhadap minat beli.
Kata Kunci : Promosi, Media Sosial, Keterlibatan Pelanggan, Minat BeliUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi persaingan maka wajib beradaptasi dan
berinovasi agar mampu bertahan dan berkelanjutan. Saat ini, teknologi terus berkembang, dengan adanya
penemuan internet yang merevolusi peradaban manusia, maka UMKM yang mampu beradaptasi dengan
memanfaatkan internet akan maju dan berkembang ke arah yang lebih baik. Media sosial merupakan salah satu
dampak dari perkembangan internet, yang memudahkan manusia untuk berinteraksi dengan sesama. Penelitian
ini menganalisis pengaruh promosi pada media sosial terhadap keterlibatan pelangggan dan minat beli pada 30
unit usaha UMKM di Pamulang, Tangerang Selatan. Data dikumpulkan dengan kuesioner skala likert dan diolah
dengan SmartPLS versi 3.00. Hasil penelitian menunjukkan Promosi di media sosial berpengaruh signifikan
terhadap keterlibatan pelanggan, promosi di media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli,
keterlibatan pelanggan mempu memediasi secara signifikan promosi di media sosial terhadap minat beli.
Kata Kunci : Promosi, Media Sosial, Keterlibatan Pelanggan, Minat Beli
  Link File