ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PERUSAHAAN SEKTOR INFRASTRUCTURE, UTILITY, AND TRASNPORTATION YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020

Categorie(s):
   skripsi
Author(s):
   Hana Eka Putri
Tahun:
   2021
Kode:
 61201
NIM Mahasiswa:
 3012171118
Nama Mahasiswa:
 Hana Eka Putri
Nama Penulis:
 Hana Eka Putri
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Risiko Kebangkrutan, Altman Z-Scrore, Arus Kas
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa potensi kebangkrutan dan mengetahui kinerja keuangan perusahaan sektor Infrastructure, Utility, and Trasnportation yang terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020.

Metodologi Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis data panel (cross section dan time series) dan sumber data berasal dari data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan data tahunan dan periode penelitian dari tahun 2018 hingga tahun 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah Metode Altman Z-score.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada 6 sampel perusahaan sector Infrastructure, Utility, and Trasnportation dengan menggunakan metode Altman Z-Score pada tahun 2018-2019 dinyatakan bangkrut. Dimana PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) menjadi perusahaan dengan potensi kebangkrutan terbesar. Sedangkan PT Air Asia Indonesia Tbk (CMPP) menjadi perusahaan dengan potensi kebangkrutan terkecil bila dibandingkan dengan perusahaan lain yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dari metode Altman Z-Score pada tahun 2018-2020 diperoleh tingkat rata-rata tingkat akurasi sebesar 55,56% ketika diukur dengan cash flow perusahaan tersebut.

Kata kunci :Risiko Kebangkrutan, Altman Z-Score, Arus Kas