MODEL PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI LINGKUNGAN LEMBAGA LAYANAN DIKTI WILAYAH III JAKARTA

Categorie(s):
   Disertasi
Author(s):
   Muasisah Jadidah
Tahun:
   2019
Kode:
 -
Nama Penulis:
 Muasisah Jadidah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 -
Keyword(s):
good university governance, model konseptual implementasi prinsip-prinsip governance, model konseptual pengembangan sistem informasi goverance, model konseptual evaluasi kinerja SDM, soft system methodology
Abstract :
Penelitian bertujuan merancang model pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di perguruan tinggi swasta dengan penerapan prinsip-prinsip good governance serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip-prinsip good governance pada pengelolaan sumber daya manusia. Telah banyak penelitian tentang pengelolaan sumber daya manusia namun demikian penelitian model pengelolaan SDM yang sesuai dengan prinsip-prinsip good governance guna memaksimalkan peran institusi sebagai Good University Governance belum ada. Manfaat dari penelitian ini adalah memperoleh informasi penerapan dan tahapan good governance dalam pengelolaan SDM serta memberikan aksi perbaikan yang diusulkan dalam model pengelolaan sumber daya manusia di perguruan tinggi guna perbaikan dan pengembangan dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance.
Penelitian ini menggunakan metodologi serba sistem lunak Soft System Methodology (SSM), metodologi ini menjelaskan kombinasi kompleks dari faktor-faktor sosial, kultural, ekonomi, psikologis, legal dan komunikasi, SSM merupakan tanggapan atas situasi kompleks dan pluralis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan focus group discussion.
Hasil penelitian yang berdasarkan analisis situasional menunjukkan bahwa pengelolaan SDM belum dilaksanakan secara komprehensif pada semua tahapan. Sedangkan model yang diperoleh berdasar kajian soft system methodology terdapat 3 (tiga) formulasi model konseptual, yaitu; Model Konseptual Implementasi Prinsip-prinsip Good University Governance, Model Konseptual Pengembangan Sistem Informasi Governance, Model Konseptual Evaluasi Kinerja SDM, serta rekomendasi langkah-langkah perbaikan dalam pengelolaan sumber daya manusia pada Perguruan Tinggi Swasta dengan penerapan prinsip-prinsip good university governance.