PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, RETURN ON EQUITY, DEBT TO ASSET RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP INTELEKTUAL KAPITAL DI PERUSAHAAN LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BEI 2016 2019

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Cahyo Wibisono
Tahun:
   2021
Kode:
 62201
NIM Mahasiswa:
 3022171063
Nama Mahasiswa:
 Cahyo Wibisono
Nama Penulis:
 Cahyo Wibisono
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Corporate Social Responsibility (CSR), Return On Equity (ROE), Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), Intellectual Capital
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh CSR, ROE, DAR, DER terhadap Intellectual Capial di perusahaan LQ 45 yang terdafar di BEI 2016-2019.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan data panel yaitu gabungan dari runtun waktu (time series) dan cross-sectional, menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi data panel berganda dengan hasil model yang digunakan ialah fixed effect model. Uji asumsi klasik yang digunakan terdiri dari uji multikolinearitas, dan uji heterokditas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji koefisien determinasi (r2), uji t-statistik serta uji f-statistik untuk menguji pengaruh dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intellectual Capital. Variabel Return On Equity (ROE) memiliki pengaruh Positif dan signifikan terhadap Intellectual Capital. Variabel Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Intellectual Capital. Dan variabel Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Intellectual Capital. Sementara itu secara simultan variabel bebas yaitu CSRl, ROE, DAR, DER secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable terikat yaitu Intellectual Capital. Koefisien determinasi dari penelitian ini menunjukkan angka sebesar 91.9% yang mana menunjukan bahwa variasi variabel bebas menjelaskan naik atau turunnya variabel terikat, sedangkan sisanya sebesar 8.1% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas selainnya.