Rancangan Pengembangan Sistem Informasi Akademik

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Sondang Sibuea
Tahun:
   2003
Kode:
 55201
Nama Penulis:
 Sondang Sibuea
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 Sekolah Tinggi Teknologi Informasi Benarif Indonesia
Keyword(s):
Akademik, SDLC, DFD, konsep ERD
Abstract :
ABSTRAK


Suatu perguruan tinggi selalu bercirikan suatu organisasi profesional, dimana hasil dan dampak yang tersalurkan ke masyarakat sangat ditentukan oleh kemampuan dan kinerja sivitas akdemika yang dilandasi oleh kreativitas dan ingenuitas. Sebagai suatu lembaga profesioanl, setiap perguruan tinggi sebagai satuan dalam konteks Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi harus selalu mengacu pada peningkatan kualitas yang berkelanjutan.
Informasi memegang peran yang sangat penting terhadap eksitensi perguruan tinggi. Ketinggalan di bidang informasi tentunya akan membawa akibat terlambatnya pihak manajemen damalam pengambilan keputusan yang akhirnya membawa dampak negatif bagi kinerja perguruan tinggi. Kegiatan administrasi Akademik adalah bagian yang utama harus ada di perguruan tinggi. Kegiatan administrasi Akademik merupakan bagian yang memegang peranan penting mengingat bidang kademik adalah bagian yang utama harus ada di perguruan tinggi. Oleh karena itu informasi Akadmik perlu dikelola dengan baik terutama untuk pelayanan mahasiswa dan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.
Sistem Informasi Akademik STMT TRISAKTI pada saat ini belum mengarah dan menjamin efisiensi serta keakuratan pengelolahan data Akademik. Langkah pengembangan sistem informasi dilaksanakan mulai dengan pengumpulan data, pemilihan metode pengolahan data dan perangkat kerasnya, pemilihan topologi serta penyusunan rancangan sistem.
Hasil dari pengembangan sistem ini berupa Komputerisasi Pengelolaan Akademik yang terpadu dalam suatu jaringan di lingkungan Administrasi Akademik. Dalam penelitian ini pembahasan sistem informasi dilakukan sampai tahap analisis dan desain sistem global. Dari hasil analisa sistem pengembangan yang dilakukan, baik dari aspekteknologi, operasi, biaya dan ekonomi serta manfaat laya diterima dan dijalankan. Hasil penelitian menunjukkan perlunya suatu pengembangan sistem informasi Akademik di STMT TRIKSAKTI.
Perancangan sistem informasi ini menggunakan metode perancangan yang umum dengan memperhatikan Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC), hal ini disebabkan karena Sistem Informasi Akademik di STMT TRISAKTI sudah berjalan, walaupun masih sederhana.
Dalam perancangan sistem ini menggunakan beberapa tool dalam pengembangan sistem dengan alat DFD ( Data Flow Diagram ) dengan toll EasyCase, desain database dengan konsep normalisasi data yang dituangkan dalam ERD ( Entity Relationship Diagram ) dengan tool ERWIN dan prototype Input Output dengan tool Ms-Acces, Visual Foxpro.
Dalam perancangan Sistem Informasi Akademik ini tidak sampai pada phase konstruksi dan Implementasi. Untuk rencana konstruksi dan implementasi database yang digunakan adalah MS SQL Server dengan bahasa pemrograman Visual Basic V.7.0.

Kata Kunci : Akademik, SDLC, DFD, dan konsep ERD