ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU POST PARTUM NORMAL DI RUMAH SAKIT ABDUL RADJAK SALEMBA JAKARTA PUSAT

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Chika Wahyu Sasqiautami
Tahun:
   2021
NIM Mahasiswa:
 1035201006
Nama Mahasiswa:
 Chika Wahyu Sasqiautami
Nama Penulis:
 Chika Wahyu Sasqiautami
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ns. NELI HUSNIAWATI, S.Kep., M.Kep
Ns. SUWARNINGSIH, S.Kep., M.Kep
Keyword(s):
Post partum normal, Menyusui tidak efektif, Asuhan Keperawatan.
Abstract :
ABSTRAK
Masa nifas adalah masa setelah melahirkan atau melahirkan. Periode dari beberapa jam setelah kelahiran plasenta atau tali pusat sampai minggu keenam setelah kelahiran, termasuk minggu-minggu berikutnya di mana saluran reproduksi kembali ke keadaan normal sebelum hamil.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk literatur review asuhan keperawatan pada dua kasus pasien dengan preeklampsi. Instrument pengambilan data menggunakan format pengkajian Roy melalui proses keperawatan pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Hasil analisa data pengkajian kedua kasus pasien post partum normal ditemukan keluhan masalah menyusui tidak efektif. Pada pasien 1 dan 2 diagnosa ditegakkan sebanyak 9 masalah. Pasien 1 ditemukan 3 masalah dan pasien 2 ditemukan 6 masalah. Pasien 1 terdapat satu masalah yang sesuai SDKI. Sedangkan pasien 2 terdapat tiga masalah yang sesuai SDKI. Rencana keperawatan menggunakan SIKI, SLKI tetapi kedua pasien tidak menggunakan. Pelaksanaan keperawatan yang dilakukan pada kedua pasien sesuai dengan perencanaan. Evaluasi pada kedua pasien semua masalah teratasi.

Dari pelaksanaan asuhan keperawatan yang telah dilakukan terdapat perbedaan pemberian asuhan keperawatan pada pasien post partum normal, tergantung pada beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Bagi perawat diharapkan dapat melakukan tindakan secara komprehensif dan meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan asuhan keperawatan khususnya pada pasien post partum normal.



Kata Kunci : Post partum normal, Menyusui tidak efektif, Asuhan Keperawatan.