PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET INTEREST MARGIN (NIM), DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PERIODE 2018-2020

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Mahasiswa (Skripsi)
Author(s):
   Annisa Sustana
Tahun:
   2021
Kode:
 62201
NIM Mahasiswa:
 3022171177
Nama Mahasiswa:
 Anisa Sustana
Nama Penulis:
 Annisa Sustana
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Additional Info:
 Dosen Pembimbing Materi : Dr.Uswatun Khasanah, S.E., M.M., M.AK Dosen Pembimbing Teknis : Suyono Salamun, Ph.D Dosen penguji 2 : M. Abdul Muis SE, M.Ak,. Dosen Penguji 1 : Suyono Salamun, Ph.D
Keyword(s):
CAR, NIM, LDR, Retrun On Asset (ROA)
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), dan Loan To Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA), (Studi Empiris Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).
Metedologi penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif dengan data panel yaitu gabungan dari runtun waktu (time saries) dan cross section, menggunakan data sekunder yang di peroleh dari website Bursa Efek dan website perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan data kuartal dan periode penelitian dari tahun 2018 sampai dengan 2020. Teknik analisa data adalah regresi linier berganda dengan melakukan uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas) dan uji hipotesis t-statistik, f-statistik serta koefisien determinasi untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA) sedangkan Loan To Deposit Ratio (LDR) memiliki nilai korelasi negatif dan tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA). Sementara itu secara simultan variabel bebas yang terdiri dari Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Loan To Deposit Ratio (LDR) dan secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel terkait yaitu Return On Asset (ROA), dengan koefisien determinasi sebesar 68%. Hal ini menunjukan bahwa variabel bebas mampu menjelaskan naik/turunya Return On Asset (ROA) sebesar 68% sedangkan sisanya 32% di jelaskan oleh variabel-variabel bebas lainya.
Kata Kunci : CAR, NIM, LDR, Return On Asset (ROA)