PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PRODUK MUSTIKA RATU PADA GERAI DAN+DAN JAKARTA

Categorie(s):
   JURNAL
Author(s):
   Mona Karina
Tahun:
   2021
Kode:
 61201
Nama Penulis:
 Mona Karina
Item Type:
 Jurnal
ISSN/ISBN:
1978-8754
Abstract :
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan produk mustika ratu pada gerai Dan+Dan Jakarta. Adapun jumlah responden yaitu 100 Pelanggan yang menggunakan produk mustika ratu dan pernah berkunjung ke gerai Dan+Dan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan software SPSS 21.0. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik serta uji F untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan simultan, uji validitas, uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan (X1 terhadap Y). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan (X2 terhadap Y). (3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh antara Relationship Marketing dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan (X1 dan X2 terhadap Y).
Kata Kunci: relation marketing, citra merek, kepuasan pelanggan