Material Development in Indonesian Language Teaching as General Course Based on the Century Learning Paradigm in Career and Life Skills (CLS) Aspect

Categorie(s):
   Peer Review
Author(s):
   Ajeng Tina Mulyana
Tahun:
   2021
Kode:
 91974
Nama Penulis:
 Ajeng Tina Mulyana
Item Type:
 Peer Review
ISSN/ISBN:
2352-5398
eISSN/eISBN:
978-94-6252-692-1
Keyword(s):
Keywords Indonesian language teaching materials; new paradigm of 21st century learning; career and life skills
DOI:
https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.68
Abstract :
Abstrak
Mempersiapkan siswa agar terampil bekerja di abad 21 dan mampu menghubungkan keterampilan dalam pengajaran abad 21/ Partnership for Teaching Keterampilan Abad 21 (P21) ini mengartikulasikan bahwa siswa diharapkan menjadi individu warga negara yang sukses dalam bekerja di abad 21. Paradigma abad 21 ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa pada saat kelulusan mahasiswa harus mampu mempersiapkan diri untuk bekerja dan keterampilan lain yang paling diminati di abad 21, yaitu career and life skills (CLS). Penelitian ini akan menemukan dan mengembangkan bahan ajar bahasa yang terdiri dari aspek keterampilan; aspek menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dan kebahasaan; seperti tata bahasa, kosa kata, kesadaran bahasa, dan bahasa untuk kebersamaan budaya, serta memadukan aspek career and life skills (CLS) yang terdiri dari kepemimpinan, inisiatif, fleksibilitas, akuntabilitas, adaptasi, keterampilan sosial dan lintas budaya, produktivitas dan efisiensi. Kesimpulan: (i) isi bahan ajar bahasa Indonesia harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman; (ii) bahan ajar yang digunakan saat ini masih memiliki kekurangan pada aspek isi. Saran penelitian: (i) bahan ajar harus mampu memberikan pengalaman belajar dan berdampak pada lulusan dalam karir dan kehidupannya, (ii) penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian pengembangan.
    Link File