Unpacking the Critical Thinking and Problem Solving, Communications, Collaboration, Creativity and Innovation Skills (4cs) of the New Learning Paradigm to Language Materials

Categorie(s):
   Peer Review
Author(s):
   Ajeng Tina Mulyana
Tahun:
   2021
Kode:
 91974
Nama Penulis:
 Ajeng Tina Mulyana
Item Type:
 Peer Review
ISSN/ISBN:
ISSN 2206-0979 (Online)
Keyword(s):
Keywords: Partnership for 21st century skills, Learning and innovation skill, New Learning Paradigm, Development of language teaching materials.
DOI:
https://www.asian-esp-journal.com/volume-17-issue-7-2-november-2021-2-2-2/
Abstract :
Abstrak
Mengajar siswa agar mereka dibekali dengan keterampilan abad ke-21 adalah paradigma pembelajaran baru. Keterampilan ini terbagi dalam empat domain yang diidentifikasi oleh Kemitraan untuk Keterampilan Abad 21 (P21) sebagai Keterampilan Inti Tradisional, Keterampilan Karir dan Hidup, Keterampilan Literasi Digital, dan Keterampilan Belajar dan Inovasi, juga dikenal; seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi. Berpendapat bahwa keterampilan inti tradisional, seperti membaca, menulis, dan berhitung sudah dikenal luas, dan mungkin tidak perlu dijelaskan lebih lanjut. Makalah ini membahas domain Keterampilan Pembelajaran dan Inovasi untuk memperluas pemahaman tentang domain ini dalam tiga cara. Pertama, membahas tentang domain dan keterampilan yang terintegrasi dengan domain. Kedua, proses keterampilan domain yang diajarkan mereka akan siap menggunakan keterampilan tersebut setelah lulus dan menggabungkan dengan keterampilan bahasa dan aspek kebahasaan. Ketiga, signifikansi domain ini bagi masing-masing domain lainnya; serta keberhasilan belajar, bekerja, hidup, dan menjadi warga negara yang produktif dalam realitas Ekonomi Digital. Metodologi penelitian yang digunakan adalah research development (RnD). Penelitian ini akan menemukan dan mengembangkan bahan ajar bahasa yang terdiri dari aspek keterampilan; seperti aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, dan kebahasaan; seperti tata bahasa, kosa kata, kesadaran bahasa, dan bahasa untuk kesadaran budaya, dan menggabungkan dengan aspek pembelajaran dan keterampilan inovasi seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi.

Kata kunci: Keterampilan abad ke-21, Keterampilan pembelajaran dan inovasi, Paradigma Pembelajaran Baru, Pengembangan bahan ajar bahasa.
    Link File