ISU-ISU KRITIS KEBIJAKAN BAHASA DAN PENGAJARAN BAHASA

Categorie(s):
   Peer Review
Author(s):
   Ajeng Tina Mulyana
Tahun:
   2021
Kode:
 91974
Nama Penulis:
 Ajeng Tina Mulyana
Item Type:
 Peer Review
ISSN/ISBN:
ISSN (p) 2461-3961
eISSN/eISBN:
(e) 2580-6335
Keyword(s):
Isu-isu kritis, kebijakan bahasa, pengajaran
DOI:
http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/184
Abstract :
ABSTRAK
Bahasa memiliki peran kunci dalam kehidupan manusia. Bahasa memungkinkan manusia berinteraksi dengan sesamanya, dapat saling mengenal, memahami, dan saling bekerja sama untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa juga merupakan media perolehan informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Terlebih diera informasi dan komunikasi global saat ini peran bahasa makin strategis, sehingga kemampuan dan penguasaan bahasa makin dipersyaratkan. Kebijaksanaan bahasa merupakan satu pegangan yang bersifat nasional, untuk kemudian membuat perencanaan bagaimana cara membina dan mengembangkan satu bahasa sebagai alat komunikasi verbal yang dapat digunakan secara tepat, Kebijakan bahasa ini diatur pada UU No. 24 tahun 2009, kemudian di BAB III, pasal 25 s.d. pasal 45 yang mengatur tentang pengembangan bahasa. Namun, banyak isu-isu kritis yang menjadikan kebijakan bahasa Ini hanyalah aturan semata tanpa ada realisasinya dalam kehidupan dan juga pengajaran. Pengejawantahan mengenai penerapan pengajaran bahasa dituangkan dalam UU No. 20 tahun 2003.

Kata kunci: Isu-isu kritis, kebijakan bahasa, pengajaran
    Link File