MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SEBAGAI MATA KULIAH WAJIB UMUM (MKWU) BERBASIS PARADIGMA PEMBELAJARAN ABAD KE-21 PADA ASPEK CAREER AND LIFE SKILLS (CLS)

Categorie(s):
   Peer Review
Author(s):
   Ajeng Tina Mulyana
Tahun:
   2021
Kode:
 91974
Nama Penulis:
 Ajeng Tina Mulyana
Item Type:
 Peer Review
ISSN/ISBN:
2623-2901
Keyword(s):
Indonesian language teaching materials, new paradigm of 21st century learning, career and life skills
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i2
Abstract :
ABSTRAK
Mempersiapkan siswa agar terampil bekerja di abad 21 dan mampu menghubungkan keterampilan dalam pengajaran abad 21 / Partnership For Teaching Keterampilan Abad 21 (P21) ini mengartikulasikan bahwa siswa diharapkan menjadi individu warga negara yang sukses dalam bekerja di abad 21. Pedagogik beralih dari keterampilan inti tradisional ke paradigma pengajaran abad ke-21. Paradigma abad 21 ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa pada saat kelulusan mahasiswa harus mampu mempersiapkan diri untuk bekerja dan keterampilan lain yang paling diminati di abad 21, yaitu career and life skills (CLS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa di abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah development research (RnD). Penelitian ini akan menemukan dan mengembangkan bahan ajar bahasa yang terdiri dari aspek keterampilan; aspek menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dan kebahasaan; seperti tata bahasa, kosakata, kesadaran bahasa, dan bahasa untuk kebersamaan budaya, serta memadukan aspek career and life skills (CLS) yang terdiri dari kepemimpinan, inisiatif, fleksibilitas, akuntabilitas, adaptasi, keterampilan sosial dan lintas budaya, produktivitas dan efisiensi. Kesimpulan: (i) isi bahan ajar bahasa Indonesia harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, (ii) bahan ajar yang digunakan saat ini masih memiliki kekurangan pada aspek isi, dan kelengkapan penunjang. Saran penelitian: (i) bahan ajar harus mampu memberikan pengalaman belajar dan berdampak pada lulusan dalam karir dan kehidupannya, (ii) penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian pengembangan.
Kata kunci: bahan ajar bahasa Indonesia, paradigma baru pembelajaran abad 21, karir dan kecakapan hidup
        Link File