Persepsi Mahasiswa terhadap Karakteristik Dosen yang Efektif Pada Pengajaran Bahasa Indonesia di Kalbis Institute Jakarta Timur

Categorie(s):
   Peer Review
Author(s):
   Ajeng Tina Mulyana
Tahun:
   2021
Kode:
 91974
Nama Penulis:
 Ajeng Tina Mulyana
Item Type:
 Peer Review
ISSN/ISBN:
2623-2901
Keyword(s):
Persepsi mahasiswa, karakteristik dosen yang efektif, pengajaran Bahasa Indonesia, Kuantitatif desktiptif
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2
Abstract :
Abstract

Artikel ini menyajikan studi penelitian yang dirancang untuk mengetahui karakteristik dosen yang efektif dalam mengajarkan bahasa Indonesia di fakultas ekonomi jurusan Akuntansi dan keunikan dosen Bahasa Indonesia dalam kemampuan bahasa, kemampuan komunikasi, perencanaan pembelajaran, keterampilan sosial dan emosional dan pengelolaan kelas, dalam pengajaran bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU). Penelitian ini didasarkan pada lima kategori umum: kemampuan bahasa, kemampuan komunikasi, perencanaan pembelajaran, keterampilan sosial dan emosional, pengelolaan kelas. Sedangkan persepsi mahasiswa akan dibedakan untuk mahasiswa semester 1 dan semester 5. Sample semester 1 akan diambil dari jurusan akuntansi, sedangkan semester 5 diambil dari jurusan komunikasi. Kategori umum ini akan dilihat dari persepsi mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan jurusan komunikasi di Kalbis Institute Jakarta Timur. Untuk mengukur variabel independen terhadap variabel dependen. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner berdasarkan Lickert lima-titik. Kusioner dibagikan kepada 30 mahasiswa. Berdasarkan perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut, persepsi mahasiswa di Kalbis Institute pada pengajaran bahasa Indonesia didapatkan nilai rata-rata yang paling besar adalah kategori keterampilan sosial dan emosional yaitu sebesar 18,7. Sedangkan mean kumulatif diperoleh nilai 4.43 pada pertanyaan kelima yaitu Dosen bahasa Indonesia mendorong lebih banyak berbicara di kelas (kategori kemampuan komunikasi), median 278,56, dan standart deviasi 153,57. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mengungkapkan keyakinan mahasiswa dalam pentingnya karakteristik yang efektif dalam pengajaran bahasa, khususnya Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU). Penelitian ini memberikan kontribusi untuk pemahaman tentang harapkan mahasiswa terhadap arakteristik yang efektif dosen bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU); di samping itu, penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi pada bidang pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU) di Kalbis Institute Jakarta Timur. Selain itu, mampu meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mata kuliah bahasa Indonesia di perguruan tinggi.

        Link File