Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Secara Kredit dan Pengeluaran Kas Terhadap Pengendalian Internal pada PT. Fajar Benua Indopack

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Stifany Audia
Tahun:
   2021
Kode:
 62201
NIM Mahasiswa:
 3023191032
Nama Mahasiswa:
 Stifany Audia
Nama Penulis:
 Stifany Audia
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
KUSNADI NW, M.M., Drs
EPENDI, SE,MM
Herni Pujiati, SE., MM
Drs Kusnadi NW, MM
Lily Nabilah, SE.M.AK
Keyword(s):
Sistem Pembelian, Sistem Pengeluaran Kas, Pengendalian Intern
Abstract :
Pada dasarnya perusahaan bertujuan untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin untuk mengembangkan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya sistem yang baik. Sistem pembelian dan pengeluaran kas merupakan salah satu sistem yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam mewujudkan tujuannya. Peneitian ini diakukan pada PT. Fajar Benua Indopack.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi terkait pembelian bahan baku secara kredit dan pengeluaran kas terhadap pengendalian internal yang berjalan pada PT. Fajar Benua Indopack. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan sumber data dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di PT. Fajar Benua Indopack yaitu: sistem pembelian dan pengeluaran kas pada PT. Fajar Benua Indopack masih belum efektif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih terdapat ketidaksesuaian diantaranya terdapat double job terhadap pemisah tanggung jawab fungsional, pembayaran yang tidak sesuai dengan kesepakatan dan transaksi yang tidak dilengkapi otorisasi dari pejabat yang berwenang. Saran bagi peneiti, seharusnya terdapat pemisahan fungsi serta praktik yang sehat dalam setiap transaksi.