Pengaruh Etika dan Independensi Terhadap Opini Audit Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Timur

Author(s):
   Aqilah, Rahmah
Tahun:
   2021
NIM Mahasiswa:
 3022171114
Nama Mahasiswa:
 Aqilah Rahmah
Nama Penulis:
 Aqilah Rahmah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Etika, Independensi, Opini Audit
Abstract :
Opini audit yang dikeluarkan adalah untuk auditor untuk menentukan apakah perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup (SPAP, 2011). Auditor menilai kecurigaan terhadap kelangsungan operasi perusahaan.Selain itu, auditor juga bertanggung jawab untuk menilai apakah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dalam waktu satu tahun sejak tanggal laporan audit diragukan (SPAP Pasal 341, 201110).
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh etika secara parsial terhadap opini audit. 2) Untuk mengetahui independensi secara parsial terhadap opini audit. 3) Untuk mengetahui pengalaman secara parsial terhadap opini audit. 4) Untuk mengetahui keahlian auditor secara parsial terhadap opini audit. 5) Untuk mengetahui variabel independen yang paling berpengaruh terhadapopini audit.
Hasil penelitian yaitu: 1) Etika berpengaruh signifikan terhadap Opini audit. 2) Independensi berpengaruh signifikan terhadap Opiniaudit.Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel Etika berpengaruh signifikan dan simultan terhadap Opini audit.