Mengembangkan Kreativitas Guru Paud Dalam Menulis Cerita Anak Berbasis Karakter Di Jakarta Dan Sekitarnya

Categorie(s):
   Jurnlal
Author(s):
   Eva Riza,Muasisah Jadidah,Putri Ratih Puspitasari, Sisca Nurul Fadila
Tahun:
   2020
Nama Penulis:
 Eva Riza,Muasisah Jadidah,Putri Ratih Puspitasari, Sisca Nurul Fadila
Item Type:
 Jurnal
Additional Info:
 -
ISSN/ISBN:
p-ISSN:2549-3310
eISSN/eISBN:
e-ISSN:2623-2901
Keyword(s):
kreativitas guru PAUD, menulis cerita anak, berbasis karakter
DOI:
DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.445
Abstract :
erdasarkan hasil penelitian masih banyak permasalahan dalam penyelenggaran pendidikan Anak Usia Dini, salah satu permasalahan yang ada adalah metode yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran agar potensi anak dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas. Salah satu metode yang menyenangkan adalah menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral (NAM). Belum semua guru mampu menggunakan media dan metode yang tepat untuk pembelajaran. Buku cerita dengan metode bercerita adalah sebagai sarana yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Keterbatasan buku cerita dan keterbatasan guru dalam menulis cerita masih rendah, belum memahami tata cara penulisan sesuai kaidah, cara menemukan ide atau gagasan cerita anak. Berdasarkkan hal tersebut, perlu dilakukan pelatihan bagi guru PAUD, melalui kegiatan PkM Prodi PAUD UMHT dengan mengadakan pelatihan menulis cerita bagi guru PAUD di lingkungan sekolah sekitar wilayah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kreativitas guru PAUD dalam menulis cerita anak berbasis karakter. Metode pelaksanaan program ini dengan pelatihan dan pendampingan secara virtual, yaitu pelatihan dengan memberikan pemahaman tentang sistematika penulisan cerita anak berbasis karakter serta guru dilatih menulis cerita anak. Pelatihan ini diberikan kepada 14 orang guru mulai bulan Agustus sampai dengan November 2020. Hasil pelatihan adalah terealisasinya 14 naskah cerita dengan nilai-nilai karakter yang telah dijadikan dalam satu buku dengan judul Ontologi Cerita Anak Berbasis Karakter, Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Hasil pelatihan didapat feedback hasil postest sebagai berikut; 64,3% materi cerita sesuai dengan kebutuhan;71,4% materi sangat mudah dipahami;64,3% bimbingan membantu menemukan ide dan membuat naskah cerita;57.1% waktu dalam membuat naskah cerita cukup; dan 85,7% termotivasi untuk membuat naskah cerita anak selanjutnya.Kegiatan ini belum difokuskan pada aplikasi keterampilan penyampaian cerita di kelas dikarenakan adanya pandemik Covid-19, maka belum dapat diketahui sejauh mana hasil pelatihan ini berguna untuk mendukung peningkatan pembelajaran. Saran kegiatan pengabdian selanjutnya adalah melatih guru agar dapat mengaplikasikan di kelas dengan kegiatan pelatihan teknik bercerita guna mengetahui lebih lanjut keberhasilan pelatihan menulis cerita untuk guru PAUD.
          Link File