ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI DI YAYASAN JAMRUD BIRU KOTA BEKASI

Categorie(s):
   KIAN
Author(s):
   DEWI SUNARSIH
Tahun:
   2021
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035201009
Nama Mahasiswa:
 Dewi Sunarsih
Nama Penulis:
 Dewi Sunarsih
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
FATIMAH, S.Kp., M.Kep
Ns. SUWARNINGSIH, S.Kep., M.Kep
Keyword(s):
Asuhan Keperawatan Halusinasi, Halusinasi Pendengaran
Abstract :
Asuhan Keperawatan Pada Klien Tn.F dan Tn.B Dengan Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi Pendengaran Di Yayasan Jamrud Biru Kota Bekasi
Dewi Sunarsih (1032161009), Ns. Suwarningsih, S.Kep., M.Kep
Program Studi Profesi Ners Fakultas Kesehatan
Universitas MH.Thamrin Jakarta

ABSTRAK

Latar Belakang : Kesehatan jiwa merupakan suatu keadaan stabilnya emosional yang diperoleh dari kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri dengan selalu berpikir positif dalam menghadapi segala masalah dan stresor lingkungan tanpa adanya tekanan terhadap fisik, psikologis baik secara internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi Asuhan Keperawatan Pada Klien Tn.F dan Tn.B Dengan Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi Pendengaran Di Yayasan Jamrud Biru Kota Bekasi.
Metode : Pembuatan Karya Ilmiah Akhir Ners (KIAN) ini difokuskan pada studi kasus secara deskriptif pada dua pasien halusinasi pendengaran Tn.F dan Tn.B, dengan fokus studi penerapan Asuhan Keperawatan dengan melaksanakan sp1 sampai sp5 pada pasien halusinasi dan mendapatkan data mengunakan pengkajian dan wawancara di Yayasan Jamrud Biru Kota Bekasi.
Hasil : Pelaksanaan asuhan keperawatan ppada pasien 1 (Tn.F) dan pasien 2 (Tn.B) dapat terselesaikan dan pasien dapat mengenal halusinasi yang dialami,dapat mengontrol halusinasinya dengan cara menghardik, bercakap-cakap, melakukan aktivitas sesuai jadwal, dan dapat menjalani terapi obat dengan benar.
Kesimpulan : Asuhan keperawatan yang dilakukan pada pasien 1 (Tn.F) dan pasien 2 (Tn.B) dapat teratasi pada klien dengan gangguan persepsi sensori halusinasi pendengaran.
          Link File