ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN TN. A DAN TN. M YANG MENGALAMI DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RUANG SAPPHIRE RADJAK HOSPITAL SALEMBA JAKARTA

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
Author(s):
   LIZA IKA WULANDARI
Tahun:
   2021
Kode:
 14901
NIM Mahasiswa:
 1035201014
Nama Mahasiswa:
 LIZA IKA WULANDARI
Nama Penulis:
 LIZA IKA WULANDARI
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Diabetes Mellitus Tipe 2, Karya Ilmiah Akhir Ners (KIAN)
Abstract :
Latar belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatau kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi akibat kelaianan sekresi insulin, gangguan kerja insulin atau keduanya dapat menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, saraf, dan pembulu darah. Kelainan tersebut menyebabkan abnormalitas dalam metabolisme, karbohidrat, lemak, dan protein.
Tujuan: Mampu melaksanakan asuhan keperawatan secara komperhensif kepada klien yang mengalami Diabetes Mellitus 2.
Hasil: Dilakukan asuhan keperawatan terhadap 2 klien yang mengalami Diabetes Mellitus, dalam penyusunan asuhan keperawatan penulis melakukan proses yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Lalu membahas kesenjangan sesuai dengan teori dan kenyataan yang diperoleh sebagai hasil pelaksana studi kasus.
Kesimpulan: Dari hasil proses asuhan keperawatan yang dilakukan oleh penulis pada tanggal 01-03 Maret 2021 diagnosa keperawatan yang berhasil teratasi yaitu masalah nyeri akut pada klien 1 dan gangguan pola tidur pada klien 2. Sementara untuk masalah keperawatan nyeri akut pada klien 2, kerusakan intergritas kulit, dan intoleransi aktivitas belum teratasi dan intervensi dilanjutkan oleh perawat yang ada diruangan.